Pemkot Blitar Laporkan Temuan Arca ke Balai Purbakala

Senin, 02 September 2019 - 19:29 WIB
Pemkot Blitar Laporkan Temuan Arca ke Balai Purbakala
Lokasi temuan benda diduga peninggalan purbakala yang dipasang garis polisi Polres Blitar Kota. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Pemkot Blitar melaporkan temuan batu mirip arca potongan kepala manusia, struktur batu bata dan koin kuno ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Benda yang diduga peninggalan purbakala itu ditemukan warga di area sawah lingkungan Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

"Kami sudah melaporkan ke BPCB Jawa Timur," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman kepada wartawan Senin (2/9/2019).

Diduga benda kuno itu ditemukan pertama kali oleh Toiran (59) warga setempat yang sedang mencangkul. Sempat diduga bongkahan batu biasa dan baru sadar sebagai benda kuno setelah hendak digeser.

"Sebenarnya ditemukan dua pekan lalu dan karena dianggap batu biasa sempat tidak dilaporkan," terang Tri Iman. Begitu menerima laporan dinas langsung mengecek lokasi. Begitu disinyalir kuat sebagai benda purbakala, dinas langsung melaporkan ke BPCB.

Sementara dengan temuan itu aparat kepolisian langsung mengambil langkah pengamanan. Polres Blitar Kota memasang garis polisi di lokasi penemuan.

"Sambil menunggu BPCB, sementara kita pasang garis polisi agar lokasi tetap steril, tidak ada pihak tak berkepentingan masuk ke lokasi," ujar Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8747 seconds (0.1#10.140)