Ansor Kedurus Jalankan Sistem Jimpitan, Wujudkan Kemandirian

Selasa, 03 September 2019 - 13:49 WIB
Ansor Kedurus Jalankan Sistem Jimpitan, Wujudkan Kemandirian
Pengurus GP Ansor Ranting Kedurus, menggalang gerakan jimpitan untuk kemandirian organisasi. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pendanaan seringkali menjadi masalah klasik dalam menjalankan organisasi. Seringkali sebuah organisasi jalan di tempat hanya karena minimnya sumber pendanaan.

Tidak ingin terjebak pada masalah yang sama, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Kedurus, membangun kemandirian organisasi dengan menjalankan sistem jimpitan (iuran).

Wakil Ketua GP Ansor Ranting Kedurus, Muhamad Slamet Wahyudi mengungkapkan, pihaknya terinspirasi pengalaman pribadi yang sering menyisihkan uang receh (koin) ke dalam kaleng bekas rokok. Tak terasa dalam sebulan hasil yang dikumpulkan cukup lumayan.

"Karena itu saya terdorong menerapkan hal yang sama dalam organisasi Ansor. Setiap kader Ansor diberikan satu kaleng infak iuran yang akan dikumpulkan setiap hari Rabu. Kalau pun berhalangan jimpitan itu akan dijemput ke rumah oleh petugas yang ditunjuk," urai karyawan ritel itu, Selasa (3/9/2019).

Ansor Kedurus Jalankan Sistem Jimpitan, Wujudkan Kemandirian


Sementara itu, Ketua GP Ansor Ranting Kedurus, Muhammad Irfani menjelaskan, sistem jimpitan ini selain bisa membantu pendanaan untuk operasional organisasi, juga membangun kebersamaan dan rasa memiliki kader terhadap Ansor.

Pria yang akrab disapa Fani itu menambahkan, jimpitan ini adalah tradisi turun temurun yang diajarkan para orangtua. Karena itu tak ada salahnya diterapkan di dalam organisasi.

"Kalau di NU itu ada Gerakan Koin NU. Nah, di Ansor Kedurus ada Gerakan Jimpitan. Meski nilainya kecil tapi kalau dikumpulkan, hasilnya cukup berarti untuk menunjang operasional organisasi," ujar kader Ansor yang dikenal sebagai qori tersebut.

Terpisah, Ketua PAC GP Ansor Karang Pilang, Budhi Hadi Syahputra mengapresiasi inisiatif GP Ansor di Kedurus menjalankan sistem jimpitan untuk modal operasional organisasi. Menurutnya, itu cara bagus membangun kemandirian organisasi.

"Jimpitan ini tradisi bagus. Kalau program ini berjalan baik, kami akan terapkan di seluruh ranting di wilayah PAC Karang Pilang," tutur Putra.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0764 seconds (0.1#10.140)