Mabes Polri Tangkap Salah Satu Provokator Rusuh Papua

Sabtu, 07 September 2019 - 09:50 WIB
Mabes Polri Tangkap Salah Satu Provokator Rusuh Papua
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mabes Polri mengamankan salah satu provokator demo ricuh di Papua. Inisialnya FBK. Ia diduga kuat terlibat dalam jaringan internasional.

"Sudah ada satu yang diamankan, inisialnya FBK. Dia salah satu provokator," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Polisi Muhammad Iqbal di Jayapura, Sabtu (7/9/2019).

Iqbal mengungkapkan, FBK dalam perannya diduga ikut memprovokasi terjadinya kerusuhan Papua. FBK masuk dalam jaringan luar negeri maupun dalam negeri. “Masuk dalam jaringan-jaringan di luar negeri dan dalam sini, nanti kita dalami,”ucapnya.

Polri telah mengantongi nama-nama dari dua kelompok yang memprovokasi demo ricuh di Jayapura dan Papua Papua Barat. Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian menegaskan akan mengejar nama-nama itu. Termasuk United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang disebut bertanggung jawab atas kerusuhan itu.

“Apa yang terjadi di sini dan di luar, itu di design oleh kelompok-kelompok yang ada di sini. Itu kita kejar, kita sudah tahu nama-namanya. Akan saya lakukan penegakan hukum kepada mereka. Kalau kita tidak tegas, keras menegakkan hukum maka ini akan terus terjadi," tegasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7639 seconds (0.1#10.140)