Isu Uighur akan Dibawa AS ke Majelis Umum PBB

Sabtu, 07 September 2019 - 16:36 WIB
Isu Uighur akan Dibawa AS ke Majelis Umum PBB
Pompeo mengatakan, AS akan menggunakan Majelis Umum PBB untuk membujuk negara lain untuk membantu memanggil China atas perlakuan terhadap Uighur. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan menggunakan Majelis Umum PBB untuk membujuk negara lain untuk membantu "memanggil" China atas perlakuan terhadap minoritas Muslim Uighur.

Sidang Majelis Umum PBB biasanya digelar pada akhir September.Ditanya saat berbicara di Universitas Negeri Kansas, soal bagaimana Washington telah mempromosikan diakhirinya penindasan terhadap warga Uighur di China, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, upaya yang ada saat ini belum cukup.

"Kami akan mengadakan Sidang Majelis Umum PBB di minggu ketiga bulan September. Kami akan melakukan sejumlah pertemuan, di mana upaya kami akan meminta negara lain untuk mendaftar untuk membantu kami memanggil kegiatan ini," kata Pompeo.

Menurut Pompeo, AS menginginkan kebebasan bagi orang-orang itu. "Kami memiliki banyak tantangan dengan China, tetapi ini adalah tentang hak fundamental mereka yang tidak dapat dicabut untuk orang-orang tertentu," kata dia seperti dilansir Reuters pada Sabtu (7/9/2019).

Pompeo, seorang Kristen evangelis yang menggambarkan dirinya sebagai seorang pejuang hak-hak agama, mengulangi komentar-komentar sebelumnya, mengatakan, perlakuan terhadap kaum Uighur dan minoritas Muslim lainnya di Cina mungkin berakhir menjadi salah satu noda terburuk di dunia abad ini.

"Itu sebesar itu. Tantangannya adalah untuk menggalang dunia menentangnya. Kami telah melakukannya hari ini dengan beberapa keberhasilan, tetapi tidak cukup, untuk memanggil ini dan bekerja dengan Pemerintah China, untuk meyakinkan mereka -untuk meyakinkan Partai Komunis China- bahwa ini bukan demi kepentingan terbaik mereka, bahwa itu bukan cara yang tepat untuk memperlakukan manusia lain," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9205 seconds (0.1#10.140)