Baksos Pormiki Peroleh 51 Kantong Darah dan Layani 221 Warga Berobat Gratis

Senin, 09 September 2019 - 12:10 WIB
Baksos Pormiki Peroleh 51 Kantong Darah dan Layani 221 Warga Berobat Gratis
Kegiatan pengobatan gratis dan donor darah dalam rangka HUT Pormiki Lamongan.Foto/ist
A A A
LAMONGAN - Kegiatan donor darah dan pengobatan massal digelar Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Pormiki) Lamongan saat memperingati ulang tahun pertamanya di Alun-alun Lamongan.

Pengobatan massal untuk tukang becak Lamongan atau istilahnya Bela. Sedangkan donor darah terbuka untuk masyarakat umum.

Menurut Ketua Panitia Eko Arifianto, kegiatan sosial donor darah dan pengobatan massal dilakukan mengingat perhimpunan ini terkait erat dengan rumah sakit. Alun-alun dipilih jadi lokasi karena pusat kegiatan masyarakat Lamongan.

“Kami sadar ini belum banyak membantu. Tetapi apa yang kami lakukan ini harapanya dapat meringankan mereka-mereka yang sakit,” ujarnya dalam rilis, Senin (9/9/2019).

Dari dua kegiatan itu berhasil memperoleh 51 kantong darah. Sedangkan pengobatan gratis sebanyak 221 pasien yang memanfaatkan layanan DPC Formiki.

“Tujuan pendonor darah hanya satu, yaitu menyelamatkan jiwa orang lain. Selain itu, kegiatan ini diharapkan nantinya dapat membantu stok darah di PMI Lamongan,” kata Eko.

Dia menagaskan, keuntungan dari mendonorkan darah untuk kesehatan di antaranya menurunkan risiko kanker, membakar kalori, menghilangkan jerawat.

“Melalui kegiatan donor darah dan baksos pengobatan ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia,” tandas dia.

Sementara itu, Ketua DPC Pormiki Lamongan, Salahuddin Cahya Kusuma menyatakan, melalui kegiatan ini diharapkan semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9643 seconds (0.1#10.140)