Kemenhub Apresiasi Rencana Subway di Kota Pahlawan

Senin, 09 September 2019 - 16:48 WIB
Kemenhub Apresiasi Rencana Subway di Kota Pahlawan
Lanscape Kota Surabaya, difoto dari gedung bertingkat. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) merespon rencana moda transportasi bawah tanah (subway) di Kota Surabaya. Realisasi tersebut diminta untuk terus dikaji.

Salah satu kajian yang harus dilakukan, menurut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub, Umiyatun Hidayati adalah penyesuaian keeberadaan subway dengan tata ruang dan wilayah Kota Surabaya.

Selain itu, berbagai kajian realisasi tersebut juga harus detail dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Termasuk Studi Kelayakan dalam perencanaan mega proyek ini.

"Perlu memastikan beberapa unsur kelayakan. Misalnya, teknis, legal finansial, ekonomis dan lingkungan," terang wanita yang akrab disapa Umi ini, Senin (9/9/2019).

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub ini memberi masukan terkait realisasi tersebut. Ia meminta peran Pemkot Surabaya, tidak boleh setengah-setengah. Sebab, gagasan brilian ini memerlukan pendanaan cukup besar.

Perlu adanya subsidi yang diberikan. Caranya, perlu dilakukan secara kombinasi silang. Yakni, pada jalur-jalur feeder harus dekat dengan pusat bisnis dan perekonomian. "Orang pun jelas dari mana ke mana untuk apa. Integrated dengan pengembangan wilayahnya," jelasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6415 seconds (0.1#10.140)