SD Muhammadiyah 4 Surabaya Ingin Siswanya Teladani BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 - 12:43 WIB
SD Muhammadiyah 4 Surabaya Ingin Siswanya Teladani BJ Habibie
Ratusan siswa-siswi SD Muhammadiyah 4 Surabaya, melaksanakan Sholat Ghoib untuk almarhum BJ Habibie di Masjid SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Kamis (12/9/2019). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Berpulangnya Presiden ke-3 Indonesia, BJ. Habibie ke pangkuan ilahi, membuat seluruh lapisan masyarakat dan elemen bangsa Indonesia berduka cita.

Kibaran bendera setengah tiang, menghiasi seluruh penjuru nusantara, sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya untuk bangsa Indonesia.

Ungkapan duka mendalam dan doa juga mengalir dari pelajar SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Ratusan siswa dan gurupun menggelar Sholat Ghoib dan diteruskan dengan doa bersama Masjid SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Kamis (12/9/2019).

SD Muhammadiyah 4 Surabaya Ingin Siswanya Teladani BJ Habibie


Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Muhammad Syaikhul Islam menuturkan, kepergian BJ Habibie menjadi kedukaan besar bagi keluarga besar SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya.

"Beliau adalah tokoh bangsa yang pernah memimpin negeri ini meskipun tidak begitu lama. Jasa-jasa beliau pada negeri ini patut kita kenang, patut kita jadikan teladan serta uswah, terutama bagi kita semua yang masih hidup dan terkhusus bagi generasi-generasi para pelajar kita," katanya.

Menurut Syaikhul, sosok biografi BJ Habibie begitu luar biasa di masa lampau. Selain sebagai seorang akdemisi yang begitu hebat dan cerdas, BJ Habibie juga seorang ilmuwan yang menemukan banyak sekali ilmu-ilmu baru, termasuk teori-teori baru. Habibie juga memiliki banyak karya cipta yang dipatenkan.

"Ini harus menjadi inspirasi bagi kita yang hari ini masih hidup, dan terutama pelajar untuk terus bisa meniru langkah-langkah dan sejarah sukses yang beliau kontribusikan untuk bangsa dan negara ini," tegasnya.

SD Muhammadiyah 4 Surabaya Ingin Siswanya Teladani BJ Habibie


Sebagai bentuk penghormatan, lanjut Syaikhul, pihaknya mengajak pada guru dan peserta didiknya menjalankan Sholat Ghoib dan doa bersama, supaya amal ibadah almarhum BJ Habibie diterima oleh Tuhan. Sholat Ghoib, kata dia, juga sebagai implementasi pendidikan agama di sekolahnya.

"Bahwa sholat jenazah itu ada dua macam. Pertama adalah dilakukan secara langsung, ada jenazah ditempat kita melaksanakan sholat. Kedua yakni sholat ghoib seperti ini. Kita selalu melakukan praktek sholat seperti ini, ketika ada tokoh-tokoh yang bangsa yang meninggal dunia. Ini sebagai implementasi itu," paparnya.

Syaikhul berharap, siswa-siswi SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya nantinya terinspirasi dan mampu meneladani Figur BJ Habibie yang begitu luar biasa.

"Bahwa sebagai pelajar, sebagai remaja dan anak millenial ini harus belajarlebih rajin lagi, lebih giat lagi, mengurangi permainannya dan fokus pada belajarnya supaya mereka nanti memiliki kecerdasan akademik, kecemerlangan otak yang baik, sehingga mereka nanti juga semakin sukses dalam karir akademiknya," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4395 seconds (0.1#10.140)