Peringati Haul Gus Dur, PKB Gunakan Hitungan Hijriah

Jum'at, 13 September 2019 - 05:45 WIB
Peringati Haul Gus Dur, PKB Gunakan Hitungan Hijriah
Ratusan keluarga besar PKB Kamis 12 September 2019 malam, menggelar Haul Gus Dur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Keluarga besar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Kamis (12/9/2019) malam.

Haul sengaja dilaksanakan hari itu dengan menggunakan hitungan tahun hijriah setiap bulan Muharram. Dimana Gus Dur wafat pada 14 Muharram.

"Mulai dari haul ke-10 ini, PKB akan melaksanakan Haul Gus Dur dengan hitungan hijriah. Dan, itu akan menjadi tradisi," kata Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB A Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin di kantor PKB, Kamis 12 September 2019 malam.

Menurut Gus Muhaimin, bulan Muharram merupakan bulan penuh keajaiban, bulan penuh berkah. Dengan begitu, PKB berharap mendapatkan berkah dan keajaiban Muharram.

"Gus Dur bagi seluruh kader dan keluarga besar PKB adalah inspirasi perjuangan, motivator perjuangan, sprit perjuangan menjadikan rakyat Indonesia adil dan makmur," kata dia.

Selain memperingati Haul Gus Dur, kata Gus Muhaimin, PKB juga mendoakan beberapa kiai yang baru-baru ini berpulang ke pangkuan Allah SWT, yakni KH Muchlas Damyati dan KH Abdul Fatah.

"Bulan-bulan ini PKB tertimpa duka yang mendalam, kehilangan dua kiai berkharisma, KH Muchlas Dimyati dan KH Abdul Fatah," kata dia.

Sementara itu, Wakil Sekertaris Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq mengatakan, pelaksanaan Haul Gus Dur dalam hitungan hijriah mengikuti tradisi pelaksanaan haul Wali Songo.

"Gus Dur merupakan seorang guru bangsa yang mengikuti jejak dan langkah Wali Songo dalam mengamalkan ajaran Islam," kata dia.

Gerak langkah Gus Dur, kata Kang Maman, terinsiprasi dari gerak langkah Wali Songo dalam menyebarkan Islam di Indonesia.

"Dan, gerak langkah itu kemudaian menjadi gerak langkah PKB saat ini di bawah nahkoda Gus Muhaimin," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3355 seconds (0.1#10.140)