Lulus S-2 di ITS Usia 71 Tahun, Gondo Tetap Yakin Ilmunya Bermanfaat

Minggu, 15 September 2019 - 21:15 WIB
Lulus S-2 di ITS Usia 71 Tahun, Gondo Tetap Yakin Ilmunya Bermanfaat
Soejoto Gondosurohardjo menjadi wisudawn tertua di ITS dengan usia 71 tahun dalam wisuda di Graha Sepuluh Nopember ITS, Minggu (15/9/2019).
A A A
SURABAYA - Tidak ada batasan usia dalam menuntut ilmu. Soejoto Gondosurohardjo (71), membuktikan keyakinannya itu ketika menyelesaikan studi perkuliahannya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Tekad besarnya untuk menuntut ilmu membawanya dalam tujuan yang diinginkan. Pria yang selalu ceria ini sukses menuntaskan program magister (S-2) Teknik Kimia ITS dan resmi diwisuda di Graha Sepuluh Nopember ITS, Minggu (15/9/2019).

Gondo, panggilan akrabnya menuturkan, dirinya ingin mengabdikan ilmu yang didapatkan selama menuntut ilmu di Teknik Kimia ITS di dunia kerja. “Dulu pernah bekerja di Pertamina selama 27 tahun, dan dua tahun di Iran,” katanya.

Selama bekerja, Gondo mengaku menemukan banyak masalah riil di pabrik, seperti pada proses reaksi katalitik, ekstraksi, adsorpsi dan lain sebagainya. Keinginannya untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut mendorongnya untuk menuntut ilmu lebih dalam di ITS.

Pria yang dinobatkan menjadi wisudawan tertua ITS pada Wisuda ke-120 tersebut sukses membuahkan tesis modifikasi geometri tray pada kolom destilasi yang dapat meningkatkan kapasitas produksi suatu sistem destilasi dengan judul Effect of Holed Circular Calming Strip in Sieve Tray Distillation Column Without Downcomer: Prediction of Performance Characteristics.

Walaupun selama masa studi diakui memiliki kelemahan dalam menjalani berbagai program aplikasi komputer, namun dengan dukungan dari mahasiswa lain serta bimbingan dosen pembimbing yang memadai ia dapat menyelesaikan seminar dan ujian akhir perkuliahannya dengan baik.

Di usianya yang tergolong lanjut, Gondo tetap semangat menggeluti masa studinya yang memakan waktu selama lima semester. “Rasanya senang, dukanya tidak ada karena memang tertarik mengembangkan di bidang tersebut dan berada di lingkungan yang baik,” kata pria kelahiran 1948 itu.

Alhasil, dengan berbekal doa dan semangat belajar yang tinggi, ia berhasil meraih IPK 3.75 dan lulus dengan predikat sangat memuaskan atau cumlaude. Keputusannya untuk melanjutkan perkuliahannya ini juga didukung oleh pihak keluarga dan diharapkan dapat menjadi inspirasi agar dapat menuntut ilmu tanpa memandang umur. “Keluarga saat wisuda ini datang semua,” jelasnya.

Berkeinginan untuk menyebarkan ilmu yang telah ia dapatkan ke orang lain, Gondo sempat menjadi tenaga pengajar di berbagai sekolah menengah atas, dan saat ini tengah menjadi dosen pembantu di Teknik Kimia ITS.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5495 seconds (0.1#10.140)