Sampah Plastik Bisa Dijadikan Kaos dan Botol 100% Daur Ulang

Senin, 16 September 2019 - 00:02 WIB
Sampah Plastik Bisa Dijadikan Kaos dan Botol 100% Daur Ulang
Sampah plastik kini bisa dipakai untuk bahan utama pembuatan kaos serta botol pastik dari bahan daur ulang.
A A A
SURABAYA - Sampah plastik menjadi masalah besar yang harus bisa dipecahkan di Indonesia. Langkah kecil yang bisa menekan volume sapah plastik bisa menjadi pembeda. Termasuk pemanfatan sampah plastik menjadi kaos serta botol 100 persen dari bahan daur ulang.

Danona-AQUA melakukan inovasi dengan memproduksi botol air minum dari daur ulang sampah plastik. Mereka mampu untuk membuat botol dari 100 persen bahan daur ulang sampah plastik.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menuturkan, pihaknya ingin berkontribusi dalam upaya Pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di lautan sampai 70% pada 2025.

Komitmen ini fokus pada tiga pilar untuk menjawab tantangan sampah plastik di Indonesia. Salah satunya pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi konsumen, dan inovasi produk.

“Kami telah memulai inisiatif ini sejak 2010 dengan mendorong pengumpulan plastik secara inklusif, dan kini telah mampu mengumpulkan 12.000 ton botol per tahun untuk didaur ulang menjadi Recycled polyethyleneterephtalate (R-PET) yang kembali menjadi bahan kemasan botol sesuai dengan food grade dan SNI,” kata Karyanto di ajang jang East Java Investival 2019 (EJI 2019) di Grand City Surabaya, Minggu (15/9/2019).

Ia melanjutkan, pihaknya telah menggunakan R-PET sebagai bahan campuran botol sebanyak 20%. Pertengahan tahun lalu di Bali telah diluncurkan AQUA Life 1,1 liter sebagai bentuk kemasan produk yang terbuat dari 100% R-PET dan 100% bisa didaur ulang kembali menjadi botol kemasan air minum.

Saat ini produk AQUA Life bisa dibeli di Bali dan Jakarta yang di luncurkan bulan lalu. Di gelaran EIJ 2019, selama empat hari, pengunjung yang belajar #BijakBerplastik di booth AQUA akan mendapatkan produ kini sebagai souvenir.

Bahkan, katanya, para pengunjung juga bisa belajar bagaimana botol kemasan dicacah, diolah menjadi R-PET juga produk lainnya. Danone-AQUA telah menggandeng H&M, brand fashion internasional yang merubah botol kemasan menjadi produk seperti sarung tangan, kaus kaki, T-shirt dan produk fashion lain.

Danone-AQUA mendukung peralihan dari sebuah model linier ke model melingkar, di mana botol yang dibuang menjadi sumberdaya berharga untuk digunakan kembali.

Dalam siklus tersebut akan menyentuh lebih banyak masyarakat dan memberikan manfaat ekonomi, dan dari sisi lingkungan juga akan lebih optimal penggunaan plastik. “Keduanya akan menjadi investasi sosial sekaligus investasi lingkungan,” sambungnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6875 seconds (0.1#10.140)