Manfaat Minum Teh Secara Teratur Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Senin, 16 September 2019 - 08:51 WIB
Manfaat Minum Teh Secara Teratur Bisa Tingkatkan Fungsi Otak
Minum teh secara teratur tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kajian terbaru menyebutkan, minum teh secara teratur juga baik untuk perkembangan otak. (Healthline)
A A A
JAKARTA - Minum teh banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Teh juga baik untuk perkembangan otak. Sebuah riset menemukan, peminum teh reguler memiliki kawasan otak yang lebih terorganisasi.

Kondisi ini dikaitkan dengan fungsi kognitif yang sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh.

“Hasil penelitian kami menawarkan bukti pertama kontribusi positif minumm teh bagi struktur otak dan ini mengindikasikan kalau minum teh secara reguler memiliki efek protektif terhadap penurunan organisasi otak terkait usia,” ungkap kajian yang ditulis Feng Lei, seorang asisten dosen dari National University of Singapore, yang dikutip Times Now News.

Riset sebelumnya telah menunjukkan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan. Efek positif atas kegiatan ini termasuk perbaikan mood dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

Untuk kajian yang dipublikasikan di jurnal Aging itu, tim periset merekrut 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas dan mengumpulkan data kesehatan, gaya hidup dan kondisi psikologis mereka. Para peserta manula itu juga harus menjalani uji neuropsikologis dan pencitraan resonansi magnetik (MRI).

Kajian ini dilakukan selama 3 tahun, yaitu dari 2015—2018. Setelah menganalisis hasil performa kognitif dan pencitraan, tim periset menemukan orang yang mengonsumsi teh hijau, teh oolong atau teh hitam setidaknya empat kali sepekan selama 25 tahun memiliki kawasan otak yang terkoneksi dengan cara yang lebih efisien.

“Kami telah memperlihatkan dalam kajian kami sebelumnya bahwa peminum teh punya fungsi kognitif yang lebih baik dibandingkan yang bukan peminum teh. Hasil riset kami sekarang terkait jaringan otak secara tidak langsung mendukung penemuan kami sebelumnya dengan memperlihatkan efek positif minum teh secara reguler adalah hasil organisasi otak yang lebih baik dengan mencegah gangguan terhadap koneksi antarwilayah,” papar Lei.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4854 seconds (0.1#10.140)