Cegah Muntaber dan Cacingan, Prajurit Kostrad Lakukan Penyuluhan

Senin, 16 September 2019 - 13:32 WIB
Cegah Muntaber dan Cacingan, Prajurit Kostrad Lakukan Penyuluhan
Prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, melakukan penyuluhan kesehatan untuk mencegah penyebaran muntaber dan cacingan di Distrik Oksibil, Papua. Foto/Ist.
A A A
PEGUNUNGAN BINTANG - Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, terus dilakukan prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad.

Pasukan penjaga perbatasan ini, melakukan penyuluhan kesehatan untuk warga di Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Senin (16/9/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bintara Kesehatan (Bakes) Serda Hari Budi. Selain melaksanakan penyuluhan, mereka juga memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat. Sekitar 30 orang warga Kampung Okpol, dengan antusias menerima penyuluhan kesehatan tersebut.

Cegah Muntaber dan Cacingan, Prajurit Kostrad Lakukan Penyuluhan


Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang, menyebutkan Kampung Okpol, merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap penularan penyakit muntaber dan cacingan.

Hal tersebut dikarenakan sanitasi yang masih buruk, dan pola hidup masyarakat. Ditambah dengan cuaca di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, yang cepat berubah dan curah hujan yang cukup tinggi.

Sekertaris Kampung Okpol, Januarius Uropmabin menyampaikan, kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilakukan oleh anggota Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami akan mengikuti anjuran-anjuran yang disampaikan bapak-bapak TNI, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Khususnya dalam sarana sanitasi MCK di Kampung Okpol. Sehingga masyarakat mengerti dan memahami pentingnya pola hidup sehat, dan pengaturan sanitasi yang ada di rumahnya masing-masing agar dapat mencegah penularan penyakit muntaber dan cacingan," tuturnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0375 seconds (0.1#10.140)