alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Olahragakan Masyarakat, Khofifah Luncurkan Jatim Seger

Lukman Hakim
Olahragakan Masyarakat, Khofifah Luncurkan Jatim Seger
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meluncurkan Jatim Seger. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim

SURABAYA - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Provinsi Jatim tahun 2019, digelar begitu semarak di lapangan Pendopo Ronggosukowati, Kabupaten Pamekasan.

Acara yang diselenggarakan dengan tema "Ayo Olahraga Dimana Saja Kapan Saja" itu, dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (16/9/2019).

Hadir pula Pangdam V/Brawijaya, Wakapolda Jatim, Bupati Pamekasan, Bupati Bangkalan, Bupati Sampang, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jatim, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak, Kepala Bakorwil Pamekasan, serta Forkopimda se-Madura.



Yang menarik, selain menghelat peringatan Haornas 2019 secara seremonial, Khofifah juga meluncurkan Jatim Seger (Senang Gerak). Ini bertujuan untuk menggerakkan semua roda kehidupan di Jatim. Bahkan Jatim Seger tersebut langsung diaplikasikan dengan melakukan Senam Laga bersama.

"Kita ingin menandai Haornas ini dengan meluncurkan Jatim Seger, Jatim Senang Bergerak. Senang untuk kita semua, bahagia untuk kita semua, sejahtera untuk kita semua. Kita bergerak untuk menggerakkan seluruh roda kemajuan di Jawa Timur," kata gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Selain itu, Gubernur Khofifah dalam mengaplikasikan Jatim Seger harus terus menggerakkan atau menghijrahkan masyarakat dari yang miskin menjadi sejahtera, dari yang tertinggal menjadi berkemajuan dari yang kurang terdidik menjadi tercerdaskan. "Kita juga harus menggerakkan atau menghijrahkan anak-anak kita semua dari yang malas menjadi kerja keras," imbuh mantan Menteri Sosial (Mensos) ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim, Supratomo mengatakan, peringatan Haornas 2019 dilaksanakan di Pamekasan atas semangat kabupaten tersebut menggerakkan olahraga. Dalam kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2019, Kabupaten Pamekasan memperoleh medali tertinggi se-Madura. Pamekasan memiliki indeks pembangunan manusia atau IPM tertinggi se-Madura. "Ini menjadi inspirasi untuk masyarakat Madura," ujarnya.

Menurutnya, di bawah kepimpinan Gubernur Khofifah dan Wagub Jatim Emil Dardak telah banyak menghasilkan kebijakan publik khususnya di bidang olahraga. Antara lain pemberian beasiswa kepada atlet dan pelatih yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional berupa biaya SPP pendidikan sampai S3, membangkitkan kembali pekan olahraga desa. "Selain itu juga perubahan sistem periodisasi penyelenggaraan event olahraga dari 4 tahun menjadi 2 tahun sekali. Diantaranya Porprov," terangnya.



(eyt)

loading...