Ini Cara Raudlatul Jannah Rawat Keberagaman Budaya Indonesia

Selasa, 17 September 2019 - 13:43 WIB
Ini Cara Raudlatul Jannah Rawat Keberagaman Budaya Indonesia
Siswa Raudlatul Jannah saat tampil di panggung Pentas Kreativitas Siswa, di Atrium Mall City of Tomorrow Surabaya. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Kekayaan dan keberagaman adat istiadat Indonesia, merupakan khazanah yang harus dijaga dan terus dilestarikan untuk seluruh generasi anak bangsa.

Sejak dini, sudah sepatutnya generasi bangsa ini dikenalkan tentang keberagaman itu. Bukan saja untuk sebuah kebanggaan, namun pemahaman tentang perbedaan adalah anugerah yang patut di syukuri.

Melihat pentingnya merawat keberagaman itu, sekolah Raudlatul Jannah menggelar Pentas Kreativitas Siswa. Kegiatan yang melibatkan siswa PG, TK, SD, dan SMP Raudlatul Jannah ini dilaksanakan di Atrium Mall City of Tomorrow Surabaya.

Penanggung jawab Pentas Kreativitas Siswa, Ustadzah Titin menuturkan, pentas yang mengusung tema Kemilau Khatulistiwa ini bermakna kaya warna Indonesia. Dimana banyak suku dan ras yang ditampilkan oleh siswa didiknya.

"Sehingga kita sebagai anak bangsa harus bangga pada khasanah bangsa kita," katanya melalui siaran pers, Selasa (17/9).

Titin mengatakan, Pentas Kreativitas Siswa merupakan kegiatan tahunan yang mengeksplorasi potensi dan kreatifitas siswa-siswi Raudlatul Jannah. Salain merawat khasanah bangsa, kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan sekolah kepada lingkungan sekitar.

"Pentas ini sebagai syiar tentang keberadaan TC, PG, TK, SD, dan SMP Raudlatul Jannah kepada masyarakat luas," kata dia.

Ketua panitia acara, Ustadzah Naya menambahkan, setiap jenjang peserta didiknya mulai dari jenjang 1 sampai dengan jenjang 6 menampilkan atraksi masing-masing, mengambil tema keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

"Ini untuk mengapresiasi kekayaan budaya negeri mulai dari Sabang sampai Merauke yang dikemas dalam tampilan 10 propinsi," imbuhnya.

Menurut salah satu orang tua siswa, Diptya Anindita DN, Pentas Kreativitas Siswa sebagai upaya merawat keberagaman ini sangat perlu dilaksanakan. Mengingat saat ini budaya asing sudah begitu masif masuk di Indonesia. Ditambah lagi adanya gempuran teknologi yang bisa membuat generasi bangsa lupa akar budayanya sendiri.

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan sekolah. Kami rasa memang perlu memperkuat rasa kebanggan terhadap budaya Indonesia. Kami berharap kedepannya makin banyak event-event yang menampilkan sisi ragam kebudayaan Indonesia," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7967 seconds (0.1#10.140)