4 Tim Dibentuk untuk Selamatkan Hiu Paus dari Kanal PLTU Paiton

Rabu, 18 September 2019 - 08:44 WIB
4 Tim Dibentuk untuk Selamatkan Hiu Paus dari Kanal PLTU Paiton
Hiu paus tutul terjebak di kanal intage PLTU Paiton Probolinggo. Foto/inews TV/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Sebanyak empat tim yang merupakan gabungan dari berbagai instansi, dibentuk untuk menyelamatkan ikan hiu paus tutul dari kanal intage PLTU Paiton.

Tim gabungan yang diberi nama Misi Resque Whale Shark ini, akan melakukan proses evakuasi terhadap ikan hiu paus tutul secara persuasif, dengan memberi umpan agar ikan bisa segera keluar dari kanal sejauh satu mill.

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo menyebutkan, tim gabungan yang dibentuk beranggotakan personel Kodim 0820, Polres Probolinggo, Kementrian Kelautan dan Perikanan, BPLS Denpasar, dan Lanal Banyuwangi.

"Ada empat teknik yang akan digunakan untuk penyelamatan hiu paus tutul ini. Agar hiu paus tutul dapat diselamatkan menuju ke pantai kembali," terangnya.

Kondisi ikan hiu paus tutul yang diduga masih anakan tersebut, dipastikan sehat meskipun teerlihat kelelahan. Imam belum bisa memastikan butuh berapa lama untuk melaksanakan proses evakuasi ini, karena memang membutuhkan ketelitian dan kecermatan tinggi.

Hiu paus tutul masuk dalam daftar satwa yang dilindungi, berdasarkan UU No. 5/1990 tentang konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistem. Harapannya, ikan raksasa tersebut dapat dikeluarkan dari kanal dalam kondisi selamat.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7346 seconds (0.1#10.140)