alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPD PDIP Jatim Mulai Gelar Uji Kelayakan Bacakada

Lukman Hakim
DPD PDIP Jatim Mulai Gelar Uji Kelayakan Bacakada
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. Foto/SINDOnews/Dok

SURABAYA - DPD PDIP Jawa Timur (Jatim), mulai melaksanakan tahapan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap kandidat bakal calon kepala daerah (bacakada).

Fit and proper test ini merupakan tahapan wajib dari partai untuk mencari calon yang layak diusung melalui partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi menjelaskan, saat ini ada sebanyak 53 bacakada yang akan menjalani fit and proper test. Para bacakada yang ikut uji kelayakan ini berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 hingga 8. Hari ini sebenarnya yang masuk daftar sebenarnya 61 orang. Namun yang hadir hanya 53.



“Besok Kamis (19/9/2019) akan dilakukan fit and proper test pada 65 bacakada Dapil 9 hingga 14,” kata Kusnadi di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Rabu (18/9/2019).

Menurut Kusnadi, aturan melaksanakan fit and proper test ini sudah menjadi mekanisme yang diperintahkan DPP PDIP. Ini merupakan proses penjaringan awal. Tahapan ini bukan ujian, namun untuk mendalami kesiapan dan kesungguhan para bacakada yang menginginkan berangkat dari PDIP.

“Jika mereka dipercaya DPD PDIP menjadi calon kepala daerah apa karena memang memang benar-benar siap agar namanya ikut dalam kontetstasi dan kompetisi dengan calon–calon lainnya,” kata dia.

Terkait nama-nama bacakada yang tidak hadir pada fit proper test, lanjut Kusnadi, pihaknya akan memberikan catatan. Dalam fit and proper test hari ini, DPD PDIP memberi pertanyaan-pertanyaan yang bersifat tertulis. Setelah diisi, akan dialami lagi dengan test wawancara.

“Jadi kami ingin mendalami lagi, apakah jawaban tertulis itu apakah memang berasal dari nuraninya atau bukan,” kata dia.

Bakal calon wakil wali kota Surabaya, Haries Purwoko yang juga maju lewat PDIP, hadir dalam fit and proper test. Haries memaparkan visinya melanjutkan kemajuan Surabaya sebagai kota metropolitas kelas dunia yang humanis dan berbasis kerakyatan. “Alhamdulillah, saya telah mengikuti tahapan fit and proper test. Luar biasa PDIP dalam menyiapkan calon pemimpin daerah. Tesnya sangat serius, dengan pertanyaan-pertanyaan ideologis yang tajam, sangat relevan untuk menjawab tantangan permasalahan daerah ke depan,” katar Haries.



(nth)

loading...