Hujan Buatan Mulai Membuahkan Hasil di Wilayah Riau

Kamis, 19 September 2019 - 08:30 WIB
Hujan Buatan Mulai Membuahkan Hasil di Wilayah Riau
Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) mulai membuahkan hasil, dengan turunnya hujan di wilayah Riau. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, dan Kalimantan Tengah, dengan menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), mulai membuahkan hasil.

Pesawat CN 295 melakukan penerbangan menyemai awan pada Rabu (18/09/2019) pukul 13.30-15.45 WIB di wilayah Kabupaten Katingan, utara Palangkaraya, dan Kabupaten Kapuas.

"Pesawat terbang pada ketinggian 8000 feet dan menghabiskan bahan semai garam NaCl sebanyak 1.500 kg," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masayarakat (Kapudatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, dalam siaran persnya.

Hujan Buatan Mulai Membuahkan Hasil di Wilayah Riau


Sedangkan di Riau pesawat Hercules C-130 melakukan penyemaian dengan menabur garam NaCl sebanyak 3.4 ton di daerah Dumai, Rohil, dan Padang Sidempuan, Sumatera Utara, sesuai potensi pertumbuhan awan yang berpotensi menghasilkan hujan.

Operasi TMC di Riau berhasil menurunkan hujan di Dumai, tepatnya di Kelurahan Batu Teritip yang berbatasan dengan Rohil. Hujan turun kurang lebih selama 30 menit dengan intensitas sedang.

"Operasi TMC akan terus dilakukan di wilayah Sumatera, dan Kalimantan. Disediakan tiga pesawat bantuan TNI yaitu dua di Pekanbaru, dan satu di Palangkaraya," pungkas Agus.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8859 seconds (0.1#10.140)