Hiu Paus Tutul Masih Terjebak di Kanal Intage PLTU Paiton

Kamis, 19 September 2019 - 08:44 WIB
Hiu Paus Tutul Masih Terjebak di Kanal Intage PLTU Paiton
Upaya mengevakuasi ikan hiu paus tutul dari kanal PLTU Paiton, terus dilakukan tim gabungan. Foto/inews TV/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Upaya evakuasi terhadap ikan hiu paus tutul yang terjebak di kanal intage PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo, terus dilakukan tim Resque Whale Shark Paiton.

Proses evakuasi terhadap ikan yang memiliki panjang sekitar lima meter tersebut, sudah memasuki hari keenam. Derasnya arus air di dalam kanal, menjadi penghambat upaya tim gabungan untuk melakukan proses evakuasi.

Upaya menggiring ikan keluar dari kanal untuk menuju ke pantai, terus dilakukan secara bertahap. Awalnya ikan berada di kanal intage 5, kini sudah berada di kanal intage 2.

Arus air kanal yang berfungsi sebagai pendingin mesin PLTU, dan lambatnya respon ikan, menjadi tantangan tersendiri bagi tim gabungan dalam mengevakuasi ikan secara persuasif. Belum bisa dipastikan waktu penyelesaian evakuasi ikan ini.

GM PT PJB PLTU Paiton, Mustofa Abdilah menyebutkan, ini merupakan kejadian kali kedua setelah tahun 2016 silam. "Ke depan, agar hal ini tidak terulang, PLTU akan mendesain jaring pintu masuk ke dalam kanal intage," ujarnya.

Hadirnya hiu paus tutul ke kawasan PLTU, diduga karena mulai membaikknya kondisi terumbu karang di kawasan perairan tersebut. Hal ini seiring dengan kegiatan konservasi terumbu karang yang dilakukan PLTU Paiton sejak tahun 2010 silam.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3658 seconds (0.1#10.140)