Laporan BPK: 5 Kementerian Belum WTP, Termasuk Satunya Kemenpora

Jum'at, 20 September 2019 - 05:37 WIB
Laporan BPK: 5 Kementerian Belum WTP, Termasuk Satunya Kemenpora
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebutkan Kemenpora termasuk kementerian yang laporan keuangannya tidak memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHS) semester I tahun 2019 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, masih ada lima kementerian/lembaga yang belum memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Ada empat yang WDP (wajar dengan pengecualian) yaitu PUPR, Kemenpora, KPU, dan KPK. Sedangkan yang Disclaimer ada Bakamla. Kalau pemerintah daerah di situ tinggal dua (belum WTP). Kabupaten/kota sudah naik semua,” kata Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Ketua BPK membantah kasus korupsi di Kemenpora terkait dengan opini BPK. Sebab opini BPK didasarkan kesesuaian laporan keuangan dengan standar yang ditetapkan.

“Enggak, bukan. Kalau itu enggak dikaitkan dengan itu. Laporan keuangan sesuai dengan standar, kewajaran gitu kan. jadi gak dikaitkan dengan itu. Tapi memang ada beberapa masalah pertanggungjawaban,” kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9110 seconds (0.1#10.140)