Pentagon Sebut Iran Bertanggung Jawab atas Serangan di Saudi

Jum'at, 20 September 2019 - 06:06 WIB
Pentagon Sebut Iran Bertanggung Jawab atas Serangan di Saudi
Pentagon menyimpulkan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap kilang minyak Saudi Aramco di Arab Saudi. Foto/Istimewa
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon menyimpulkan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap kilang minyak Saudi Aramco di Arab Saudi.

"Saya akan mengakui bahwa saat ini semua indikasi yang kami miliki adalah bahwa Iran dalam beberapa hal bertanggung jawab atas serangan itu," kata juru bicara Pentagon, Jonathan Rath Hoffman, Kamis (19/9/2019).

Menurut Hoffman, AS akan bekerja dengan Arab Saudi untuk membuat penilaian atas apa yang terjadi di lokasi kilang minyak Abqaiq dan Khurais.

"Kami akan memungkinkan Saudi untuk membuat pernyataan dari mana mereka pikir serangan itu berasal," kata Hoffman, dikutip The Guardian, Jumat (20/9/2019).

Hoffman mengatakan, Komando Pusat AS sedang berkonsultasi dengan Arab Saudi untuk mencari cara untuk mengurangi potensi serangan di masa depan.

Dia menggambarkan serangan itu sebagai bagian dari aktivitas destabilisasi dan memfitnah yang dilakukan oleh Iran di wilayah tersebut, yang memiliki dampak lokal dan global.

"Kami ingin Iran menghentikan aktivitas memfitnah yang telah mereka promosikan di kawasan itu," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Arab Saudi telah menyimpulkan serangan pada Sabtu pekan lalu berasal dari arah utara dengan 25 pesawat nirawak dan rudal jelajah.

Iran telah berkali-kali membantah terlibat dalam serangan terhadap kilang minyak terbesar Arab Saudi. Sedangkan pemberontak Houthi Yaman mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut dan mengancam akan melakukan serangan serupa di masa depan.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7702 seconds (0.1#10.140)