Pembangunan Koridor Subway Disarankan Mulai Pinggiran Kota

Jum'at, 20 September 2019 - 13:09 WIB
Pembangunan Koridor Subway Disarankan Mulai Pinggiran Kota
Akademisi transportasi publik Universitas Petra Surabaya Rudy Setiawan. Foto/SINDOnews/ALi Masduki
A A A
SURABAYA - Realisasi moda transportasi bawah tanah (subway) terus mendapat perhatian. Persiapan yang perlu dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya adalah pendekatan untuk merubah pola pikir pengguna transportasi publik.

Diketahui, gagasan subway tersebut lahir dari pemikiran Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Dia terinspirasi dari MRT di Jakarta yang boleh dibilang terlambat untuk realisasinya.

Pakar sekaligus akademisi transportasi publik Universitas Petra Surabaya Rudy Setiawan menyatakan, pendekatan yang harus dilakukan Pemkot adalah memulai dari kawasan pinggiran kota dari sekarang.

Salah satunya, kata Rudy adalah kesiapan koridor-koridor dari rute yang dilalui harus diletakkan pada wilayah hunian padat penduduk. "Harus diletakkan di titik pertama calon penumpang berangkat," kata dia, Jumat (20/9/2019).

Idealnya, koridor tersebut harus berada di wilayah pinggiran kota. Akademisi yang meraih gelar Doktor Teknik Sipil Universitas Parahyangan Bandung ini menerangkan, konsep tersebut juga tidak terlepas dari fasilitas Park and Ride yang strategis.

Menurut Rudy, kawasan fasilitas Park and Ride tersebut harus berdekatan juga dengan koridor yang dilalui rute subway. Pun demikian dengan lokasi hunian bertingkat semacam apartemen.

"Akses untuk masyarakat dari lokasi hunian harus senyaman mungkin," kata Rudy.

Sementara di wilayah perkampungan bisa menggunakan angkutan penyangga yang mengantarkan sampai pada koridor terdekat.

Rencana terebut, kata Rudy, adalah langkah awal yang harus dipersiapkan oleh Pemkot. Dengan begitu, pola pikir masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi akan berkurang.

"Dengan fasilitas yang nyaman dan kecepatan transportasi subway itu bisa merubah masyarakat agar menggunakan subway," pungkas akademisi yang pernah meneliti tentang Suroboyo Bus ini.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9971 seconds (0.1#10.140)