Tim Bayucaraka ITS Rebut Juara Dunia di Turki

Sabtu, 21 September 2019 - 09:21 WIB
Tim Bayucaraka ITS Rebut Juara Dunia di Turki
Tim Bayucaraka ITS berhasil menjadi juara dunia lomba di Turki.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menunjukkan dominasinya dalam dunia robotika internasional.

Pada ajang 2019 Tubitak International Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition, Tim Bayucaraka ITS berhasil meraih juara pertama dalam kategori Fixed Wing yang diadakan di Istanbul, Turki.

Mohamad Ikbal Pangestu, Public Relations Tim Bayucaraka ITS menuturkan, selain menyabet juara pertama, robot pesawat terbang timnya juga sukses meraih desain terbaik.

"Seluruh tim dalam kategori Fixed Wing diharuskan menyelesaikan dua misi pada perlombaan ini," kata Iqbal, Sabtu (21/9/2019).

Ia melanjutkan, pada tahap awal pesawat tanpa awak tersebut wajib melakukan manuver membentuk angka delapan ketika terbang. Pada misi ini, Tim Bayucaraka ITS berhasil memperoleh waktu paling cepat dengan kendali autonomous (tanpa dikendalikan).

“Sebenarnya juga diperbolehkan secara manual, namun nilai yang diperoleh menjadi lebih kecil,” kata mahasiswa Departemen Kimia ITS ini.

Selanjutnya, pada misi kedua setiap pesawat ditantang untuk menjatuhkan suatu barang dari udara pada daerah yang telah ditentukan. Pada sesi ini, robot pesawat milik ITS juga beruntung bisa mendapatkan jarak paling kecil.

Ikbal mengakui, Tim Bayucaraka ITS juga mengikuti kompetisi tersebut pada tahun 2018 lalu, namun hanya dapat meraih peringkat kelima. “Berdasarkan banyak evaluasi dari tahun sebelumnya, syukur tahun ini kita bisa tampil maksimal dan sukses meraih juara pertama,” ucapnya.

Kompetisi ini juga diikuti lebih dari 40 tim dari 30 negara yang berbeda. Selain ITS, tim dari Indonesia juga berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB. Perolehan Tim Bayucaraka ITS ini mampu mengharumkan ITS dan Indonesia di kancah dunia.

Saat ini, Tim Bayucaraka ITS juga akan mempersiapkan diri untuk memenangkan ajang tingkat nasional Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang resmi diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Harapannya, Tim Bayucaraka ITS juga bisa mendapat juara pertama pada kontes nasional tersebut nantinya,” jelasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2175 seconds (0.1#10.140)