Karyawan Sampoerna Aksi Bersih-Bersih, Kumpulkan 25.000 Puntung Rokok

Sabtu, 21 September 2019 - 19:22 WIB
Karyawan Sampoerna Aksi Bersih-Bersih, Kumpulkan 25.000 Puntung Rokok
Para karyawan Sampoerna mengumpulkan sampah plastik dan puntung rokok di Taman Suroboyo di Pantai Kenjeran, Surabaya, Sabtu (21/9/2019).
A A A
SURABAYA - Ratusan karyawan PT HM Sampoerna Tbk, bersih-bersih pesisir dalam gerakan “World Clean Up Day 2019”. Kegiatan sebagai kontribusi dalam menjaga lingkungan ini serentak dilaksanakan di dua kota.

Para karyawan Sampoerna mengumpulkan sampah plastik dan puntung rokok di pesisir Kota Surabaya, tepatnya di kawasan Taman Suroboyo, Pantai Kenjeran. Selain di Surabaya, kegiatan ini juga dilakukan di Taman Wisata Alam Mangrove di Muara Karang, Jakarta.

Setiap tahunnya, ada 1,3 miliar ton sampah rumah tangga sedangkan hanya 358 Juta ton sampah yang terhitung masuk ke dalam 50 tempat penampungan sampah besar, sisanya akan berakhir di lautan .

Kepala Hubungan Daerah dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Sampoerna, Ervin Laurence Pakpahan, mengatakan, gerakan “World Clean Up Day” ini merupakan aksi global yang sudah dimulai sejak 2008 sebagai bentuk kepedulian masyarakat dunia terhadap permasalah sampah yang disebabkan oleh manusia.

“Permasalahan sampah adalah tanggung jawab setiap orang. Untuk itu kita semua harus bersama-sama untuk mengatasinya," katanya, Sabtu (21/9/2019).

Erwin menuturkan, Sampoerna menanamkan kepada seluruh elemen perusahaan bahwa tanggung jawab menjaga lingkungan dari sampah dapat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat. Selain botol dan kemasan plastik, sekitar 25.000 sampah puntung rokok berhasil dikumpulkan di kegiatan Jakarta dan Surabaya.

Kegiatan “World Clean Up Day” sejalan dengan program keberlanjutan Sampoerna melalui kampanye #SayaAjaBisa Sampoerna yang merupakan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, khususnya puntung rokok.

Dalam kegiatan ini, Sampoerna juga membagikan asbak portabel kepada para perokok dewasa yang turut berpartisipasi sebagai bentuk komitmen meningkatkan kesadaran akan sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Erwin menambahkan, aksi sosial ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB tentang penanganan perubahan iklim. Selain meningkatkan kesadaran atas tanggung jawab terhadap sampah, Sampoerna juga melakukan upaya pelestarian air dan menggunakan energi terbarukan di sekitar fasilitas produksinya.

Sampoerna memandang keberlanjutan sebagai nilai jangka panjang untuk pemangku kepentingan dan masyarakat luas melalui pengurangan dampak dari produk, operasi, dan rantai pasok terhadap lingkungan.

“Upaya kami dalam penanganan perubahan iklim melalui meningkatkan kesadaran untuk bertanggung jawab atas sampah merupakan bentuk nyata menjalankan amanat pemerintah terhadap seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan mitigasi perubahan iklim dengan harapan lingkungan hidup berkelanjutan dapat membawa dampak positif terhadap masyarakat,” pungkasnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5163 seconds (0.1#10.140)