Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2019

Senin, 23 September 2019 - 09:31 WIB
Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2019
Peserta menunjukkan medali yang diraih dalam ajang Kompetisi Sains Madrasan (KSM) 2019 di Manado, Sulawesi Utara. Foto/Istimewa
A A A
MANADO - Kontingen Jawa Timur (Jatim) meraih juara umum dalam Kompetisi Sains Madrasan (KSM) 2019 yang berlangsung lima hari, 16-20 September 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

Jawa Timur kembali menjadi juara umum dengan 19 medali. Posisi kedua diraih Jawa Tengah dengan 15 medali, disusul Banten dengan 13 medali. Sebanyak 165 medali telah diperebutkan dalam ajang ke- VIII

“Semua siswa harus memiliki keterampilan Karena itu, siswa madrasah harus terbiasa berkompetisi, seperti hal yang kita lakukan dalam KSM dan MYRES,” kata Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan saat menutup acara di Manado, Jumat (20/9/2019).

Sekjen berharap siswa madrasah memiliki karakter unggulun berupa sifat tawaduk, kooperatif, dan saling kerja sama. "Tidak ada orang yang bisa hidup sendirian tanpa kerja sama," ucap Nur Kholis.

Karakter unggulan lainnya yang harus dimiliki siswa madrasah yaitu responsif, yaitu cepat tanggap terhadap segala tantangan dan situasi.

Siswa madrasah juga harus suka memberikan pencerahan bagi orang lain. Karakter berikutnya, mampu beradaptasi dengan segala dinamika tantangan dan situasi yang dihadapi.

"Karakter demikian harus dimiliki siswa madrasah karena sejatinya generasi muda merupakan masa depan peradapan umat, masa depan peradapan Indonesia dan masa depan peradapan dunia di masa mendatang," kata dia.

KSM 2019 diikuti 550 siswa dari 34 provinsi. KSM terbagi dalam tiga tingkatan, yaitu jenjang MI, MTs, dan MA. Adapun mata pelajaran yang dilombakan, di antaranya Matematika Terintegrasi dan Sains IPA terintegrasi, IPA Terpadu dan IPS Terpadu, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9940 seconds (0.1#10.140)