Presiden Erdogan Berikan Langsung Tropi Pada Tim Bayucaraka ITS

Senin, 23 September 2019 - 18:53 WIB
Presiden Erdogan Berikan Langsung Tropi Pada Tim Bayucaraka ITS
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberikan trofi juara dunia pada Tim Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberikan langsung trofi juara dunia kepada Tim Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Penghargaan itu diberikan setelah Tim Bayucaraka menjadi juara pertama kategori fixed wing pada ajang 2019 Tubitak International Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition di Istanbul, Turki.

General Manajer (GM) Tim Bayucaraka ITS, Putu Wisnu Bhaskara Putrawan menuturkan, awalnya tim tidak menyadari jika pria yang menyerahkan trofi adalah seorang tokoh dunia, yakni Presiden Erdogan.

"Baru ketika turun dari panggung, kami semua terkejut setelah mengetahui dari siaran langsung di situs Youtube kalau ternyata itu Erdogan," kata Putu saat dihubungi lewat telepon langsung dari Turki, Senin (23/9/2019).

Presiden Erdogan Berikan Langsung Tropi Pada Tim Bayucaraka ITS


Saat penganugerahan trofi, lanjutnya, seluruh tim tidak diperkenankan membawa barang apapun selain ponsel dan diperiksa dengan ketat sebelum naik ke atas panggung untuk menerima trofi juara dunia tersebut. "Bahkan, banyak sekali penjaga dengan senjata lengkap yang ada di sekitar panggung tersebut," ucapnya.

Pria nomor satu di negara Turki tersebut hanya memberikan trofi kepada tim yang mendapat juara pertama saja dalam perhelatan tingkat dunia ini. "Hal ini menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi tim kami," jelasnya.

Putu juga menjelaskan, lomba tersebut merupakan baian dari festival teknologi terbesar yang ada di Turki, yakni Teknofest. Semua produk teknologi canggih dipertunjukkan di ajang tersebut. Mulai dari teknologi pesawat terbang, pesawat jet, kendaraan militer, dan konsep mobil terbang.

Putu berharap Tim Bayucaraka ITS nantinya bisa mengikuti perjuangan ilmuwan dunia dari Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), dalam dunia dirgantara nasional. "Dengan wadah seperti ini, kita bisa berkarya dan membuktikan kepada dunia jika kita juga bisa bersaing," jelasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7996 seconds (0.1#10.140)