Bandar Narkoba Jaringan Aceh Ditembak Mati Petugas BNNP

Selasa, 24 September 2019 - 09:21 WIB
Bandar Narkoba Jaringan Aceh Ditembak Mati Petugas BNNP
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim menembak mati Jufri Ahmad (38), seorang bandar narkoba yang kerap beroperasi di wilayah Jawa Timur (Jatim). Warga Aceh yang tinggal di kawasan Tropodo tewas setelah peluru tajam bersarang di dadanya.

Penyidik Madya BNNP Jatim AKBP Wisnu Candra mengatakan, terpaksa menembak Jufri Ahmad lantaran melawan petugas saat hendak ditangkap. Pelaku juga berupaya melarikan diri.

Sejumlah tembakan peringatan dari petugas tidak digubris. "Akhirnya kami lakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak pelaku," katanya, Selasa (24/9/2019).

Menurut Wisnu, pelaku merupakan jaringan pengedar narkoba asal Aceh. Mereka ini beroperasi di wilayah Jatim, dengan mendistribusikan di beberapa daerah di provinsi ini.

Sebelum BNNP menembak mati Jufri, polisi menangkap tersangka lainnya Rizal Imran (26) yang juga warga Aceh. Imran merupakan orang suruhan dari Jufri. "Imran kami tangkap pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 17.00 WIB di Jalan arah ke Terminal 1 Bandara Internasional Juanda," ungkap Wisnu.

Saat ditangkap, petugas mengamankan barang bukti 1 kilogram (kg) narkoba jenis sabu-sabu. Pelaku mengaku jika narkoba tersebut dibeli dari Jufri. Selama ini pelaku sudah melakukan aksi mengedarkan narkoba selama setahun. Dari sana petugas lalu berupaya menangkap Jufri di wilayah Tropodo Sidoarjo.

"Namun saat akan ditangkap melawan dan berusaha pelaku kabur. Kami sempat menembakkan tiga kali tembakan peringatan di udara. Tapi tidak dihiraukan," tandas Wisnu.

Lantaran pelaku tak menyerahkan diri dan justru melawan, petugas lantas menembak dada Jufri yang saat itu langsung tersungkur. Petugas BNNP Jatim sempat membawa pelaku ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara, namun nyawa pelaku tidak bisa terselamatkan. "Untuk pelaku Rizal Imron saat ini masih pemeriksaan," pungkas Wisnu.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0165 seconds (0.1#10.140)