Prajurit TNI Gugur, Polda Papua Amankan 733 Mahasiswa Aksi di Expo Wamena

Selasa, 24 September 2019 - 11:05 WIB
Prajurit TNI Gugur, Polda Papua Amankan 733 Mahasiswa Aksi di Expo Wamena
Polda Papua mengamankan 733 mahasiswa demo yang berujung penyerangan terhadap anggota TNI yang sedang melaksanakan pengamanan di Expo Waena, Papua. Foto Kombes Pol Kemal/iNews TV/C Mudumi
A A A
JAYAPURA - Polda Papua mengamankan 733 mahasiswa demo yang berujung penyerangan terhadap anggota TNI yang pengamanan di Expo Waena, Papua. Sebelumnya demo Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang berujung kerusuhan mengakibatkan seorang prajurit Yonif 751/Raider Praka Zulkifli gugur.

Prajurit TNI ini yang sedang melaksanakan tugas BKO Polda Papua sebagai pengemudi kendaraan dinas truk pengangkut pasukan menjadi korban pembacokan yang diduga dilakukan oleh massa AMP.

"Ya pasca kejadian tersebut tadi malam diamankan 733 mahasiswa. Tentu proses pemeriksaan terhadap mahasiswa tersebut akan melihat unsur-unsur, apakah terlibat langsung terhadap kekerasan atau penyerbuan terhadap rekan-rekan TNI," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal kepada MNC Media, di Mapolda Papua, Selasa pagi (24/9/2019).

Saat ini, kata dia, belum ada yang dijadikan tersangka karena proses pemeriksaan masih berlangsung.

"Kita akan dilakukan gelar perkara untuk memastikan siapa siapa yang terlibat dan perbuatan orang perorangnya. Apakah ada intruksi dari organisasi atau ketua yang kemarin mendirikan camp atau tempat eksodus di Uncen," ungkap Kamal.

Sebelumnya upaya pendudukan kampus Universitas Cenderawasih sebagai Posko Induk bagi mahasiswa Papua yang eksodus kembali ke Jayapura (AMP) akhirnya dibubarkan aparat. Ratusan aparat kepolisian Polda Papua, dan Brimob BKO Polda Papua bersama pihak TNI Kodam XVII/ Cenderawasih berhasil bernegosiasi dengan ratusan mahasiswa (AMP) di dalam kampus Universitas Cenderawasih.

Mereka akhirnya dievakuasi ke Expo Waena, namun massa AMP akhirnya melakukan penyerangan terhadap prajurit TNI yang mengakibatkan gugurnya Praka Zulkifli.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8025 seconds (0.1#10.140)