Dinas ESDM Jatim: Semburan Lumpur di Kutisari Diduga Akibat Gempa

Selasa, 24 September 2019 - 19:18 WIB
Dinas ESDM Jatim: Semburan Lumpur di Kutisari Diduga Akibat Gempa
Dinas ESDM Jatim menduga semburan lumpur di Jalan Kutisari akibat gempa.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim menyebutkan, semburan lumpur di depan pekarangan rumah di Kutisari Indah Utara III/19 disebabkan tekanan yang meningkat di dalam bumi. Tekanan itu akibat aktifitas geologi. Kemungkinan sebelumnya terjadi gempa.

Menurut Kepala Dinas ESDM Jatim Setiajit, lokasi semburan asal mulanya pada jaman kolonial dan merupakan lapangan minyak (Kuti field). Dahulu terdapat 34 sumur. Awal mula terjadinya semburan lumpur pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 13.00 WIB. Namun hari ini, semburan terpantau lebih kecil dari kemarin.

Pada hari kedua ini, lebih banyak keluar minyak mentahnya daripada lumpurnya. “Untuk kandungan gas yang ada belum dapat dipantau dikarenakan gas detektor masih diupayakan,” katanya, Selasa (24/9/2019).

Dia menambahkan, hingga saat ini kandungan gas dari semburan lumpur belum dapat diketahui. Pasalnya, masih mengupayakan gas detektor. Dalam sepekan mendatang, pihaknya akan melakukan pengamatan selama seminggu untuk melihat aktifitas semburan.

Pihaknya menyarankan penghuni agar tidak menempati rumah tersebut sampai seminggu mendatang. “Kami juga minta masyarakat sekitarnya tetap tenang dan memantau perkembangan yang ada,” imbuhnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2992 seconds (0.1#10.140)