100 ASN Kota Blitar Dilatih Mengeja QX, Ada Apa?

Selasa, 24 September 2019 - 20:30 WIB
100 ASN Kota Blitar Dilatih Mengeja QX, Ada Apa?
Dr Agus menyampaikan materi disambut gelak tawa ASN Dinas Kesehatan Kota Blitar. Pada kesempatan itu, Dr Agus sempat melatih para ASN dengan senyum QX.
A A A
BLITAR - "Ayo ya kita berlatih senyum. Q... X," kata Dr H Agus Ali Fauzi PGD, Pall. Med (ECU) kepada sekitar 100 aparatur sipil negara (ASN) Dinas Kesehatan Kota Blitar. Dr Agus mengatakan ini di aula Kusumo Wicitro, kompleks rumah dinas wali kota Blitar, Selasa (24/9/2019) pukul 08.00-11.00 WIB

Semua yang diajak Dr Agus, bibirnya tersenyum membentuk huruf QX. Kenapa harus QX? "Karena mulutnya akan sedikit mancung ke depan, kemudian diakhiri senyum menarik sudut ke kiri dan kanan. Seimbang," imbuh dokter yang dikenal dengan gaya kocaknya selama memberi presentasi.

Dinas Kesehatan Kota Blitar mengundang Dr Agus untuk meningkatkan motivasi kerja bagi ASN yang bertugas di lini depan pelayanan masyarakat. Peserta yang hadir antara lain sebanyak 40 orang berasal dari staf Dinas Kesehatan.

Sebanyak 60 orang lainnya berasal dari tiga Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas. Yakni, Puskesmas Kepanjenkidul, Puskesmas Sananwetan, dan Puskesmas Sukorejo.

"Jadi dari senyum para petugas puskesmas, penyakit pasien sudah berkurang 30 persen. Rata-rata sakitnya pasien karena faktor psikologis. Saat mereka datang ke puskesmas sambut dengan senyum, katakan kepada pasien, sakit ibu/bapak biar kami yang mengurus. Jadi pasiennya tenang dulu," kata Dr Agus.

Menurut dia, pasien harus dilayani dengan keikhlasan, ketulusan dan sepenuh hati. Memang sedikit susah untuk menerapkan di lingkungan kerja. Tapi harus action kemudian rasakan dampak dari pelayanan dengan sepenuh hati.

"Yang terjadi akhirnya hubungan saling tolong menolong. Senyum itu bermanfaat bagi yang diobati, bagi yang tersenyum, dan bagi lingkungan kerjanya karena menumbuhkan hormon kebahagian," jelas Dr Agus.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Blitar Ir Hariyanto menjelaskan bahwa senyum, sapa, dan serius, sebenarnya sudah dilaksanakan di semua puskesmas."Semangat para petugas kita di lapangan kadang naik turun, nah kegiatan ini untuk menambah semangat pegawai kita," kata Hariyanto.

Menurut dia, tujuan lain dari mengundang Dr Agus adalah menghadapi reakreditasi puskesmas 2019. "Hasil yang diharapkan bisa meningkatkan semangat bekerja bagi ASN Dinkes Kota Blitar sehingga bisa mengoptimalkan pelayanan masyarakat," katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2451 seconds (0.1#10.140)