Prajurit Yonif Raider 509 Patroli Patok Sambil Berikan Pengobatan

Rabu, 25 September 2019 - 12:33 WIB
Prajurit Yonif Raider 509 Patroli Patok Sambil Berikan Pengobatan
Pasukan Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, melakukan patroli patok batas Indonesia-Papua Nugini, sambil memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Foto/Ist.
A A A
MERAUKE - Prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, berjalan kaki menyusuri medan berat untuk mengamankan patok-patok perbatasan Indonesia, dengan Papua Nugini.

Salah satunya, dilakukan para prajurit yang bertugas menjaga keamanan perbatasan ini, dengan menggelar patroli di patok MM.4.4, yang dipimpin Komandan Pos Ungalom, Serka Dhino beserta 15 anggotanya.

Mereka menempuh jarak kurang lebih 78 Km dari Pos Ungalom, menuju Patok MM.4.4. Medan yang dilalui sangat berat, karena harus melewati jalan setapak, sungai, rawa dan hutan. Para prajurit membutuhkan waktu 36 jam untuk sampai ketempat tersebut, Rabu (25/9/2019).

Setelah menempuh medan berat dan panjang, akhirnya pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini ini berhasil menemukan Patok MM.4.4 dalam kondisi baik dan tidak bergeser dari koordinatnya.

Prajurit Yonif Raider 509 Patroli Patok Sambil Berikan Pengobatan


Usai melaksanakan patroli patok perbatasan, para prajurit memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di tapal batas. Selain pengobatan, mereka juga memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga.

Komandan Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, Letkol Inf. Wira Muharromah mengatakan, patroli tersebut merupakan tugas pokok satuan yang sedang melaksanakan pengamanan perbatasan.

"Patok batas yang menjadi tanggung jawab pengamanan Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, wajib untuk dilaksanakan patroli agar tidak bergeser dan mengetahui patok tersebut dalam keadaan baik," tegasnya.

Ia juga menambahkan, selain melaksanakan tugas pokok, para prajurit juga diwajibkan untuk membantu masyarakat yang tinggal di perbatasan, salah satunya dengan melakukan pengobatan dan memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8429 seconds (0.1#10.140)