Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Operasi Patok Batas

Kamis, 26 September 2019 - 06:11 WIB
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Operasi Patok Batas
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, melakukan patroli patok perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Foto/Ist.
A A A
MERAUKE - Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, melakukan operasi patok batas Indonesia-Papua Nugini, untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Menurut Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya, patroli dilakukan prajurit yang bertugas di Pos Yanggandur, di wilayah patok batas MM.13.1.

Personel patroli berjumlah delapan orang, dipimpin oleh Komandan Pos Yanggandur Letda Inf. Muhammad Rizal yang berangkat dari Pos Yanggandur menuju lokasi patok MM.13.1, ditempuh dengan jalan kaki selama satu hari satu malam.

Lokasi patok yang cukup jauh berada di tengah hutan, ditambah medan terdiri dari rawa-rawa dan banyaknya sungai yang belum ada jembatannya, membuat personel harus waspada dan berhati-hati.

Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Operasi Patok Batas


"Jarak patok dari pos adalah 21 Km yang ditempuh dengan jalan kaki selama satu hari satu malam, personel satgas berhasil menemukan lokasi patok MM 13.1., setelah dilakukan pengecekan oleh personel satgas bahwa patok MM.13.1 dalam kondisi baik dan plat besi prasasti yang ada dipatok dalam keadaaan aman," ujarnya.

Rizky menambahkan, kegiatan patroli patok merupakan tugas pokok Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad mempunyai tanggung jawab menjaga sebanyak 17 buah patok batas dari MM.11.2 sampai dengan MM.14B," jelasnya.

Patok batas yang menjadi tanggung jawab pengamanan Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, menurutnya dalam kondisi baik dan tidak ada yang bergeser, karena posisi patok batas tepat dengan koordinat yang dicocokkan dengan menggunakan GPS.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7596 seconds (0.1#10.140)