Pamitan ke Warga, Mahasiswa Papua Bersyukur Bisa Kuliah di Surabaya

Minggu, 29 September 2019 - 09:30 WIB
Pamitan ke Warga, Mahasiswa Papua Bersyukur Bisa Kuliah di Surabaya
Para mahasiswa asal Papua bersalaman dengan warga Surabaya yang selama ini menerimanya dengan tangan terbuka ketika menempuh pendidikan.
A A A
SURABAYA - Kebahagiaan anak-anak Papua yang menempuh pendidikan di Kota Pahlawan begitu mengendap. Mereka menempuh kuliah hingga lulus S-1 di Kota Pahlawan ini.

Setelah selesai menempuh kuliahnya di Surabaya, mereka bersalaman satu persatu kepada warga Kelurahan Menur Pumpungan sembari pamitan karena sudah lulus kuliah.

Philipus Godefridus Hindom, salah satu mahasiswa yang baru lulus kuliah di Universitas Dr Soetomo menuturkan, ia bersama mahasiswa Papua lainnya, terutama yang berasal dari Kabupaten Teluk Bintuni ingin menyampaikan terimakasih kepada warga Menur Pumpungan yang telah menerimanya selama ini. Sejak kuliah 2013 lalu, ia mengaku belum menemui masalah dengan warga sekitarnya.

“Setiap kali kami jalan, kami juga selalu disapa dengan baik, ada kegiatan warga, kami juga selalu ikut, sehingga kami pastikan bahwa warga Surabaya itu baik-baik dan sangat ramah,” katanya di Balai RW 2 Kelurahan Menur Pumpungan, Sabtu (28/9/2019) malam.

Ia melanjutkan, jika kemarinnya banyak mahasiswa pulang kampung karena berbagai isu miring, ia mengaku tidak tergoda untuk pulang kampung. Pasalnya, dia melihat di lingkungan kosannya, tidak ada masalah apapun, sehingga tidak ada alasan untuk pulang kampung dan tidak melanjutkan kuliah.

“Kemarinnya saya tidak pulang kampung, karena kami memang aman dan tidak terganggu dengan apapun, jadi tidak ada alasan buat saya untuk pulang,” jelasnya.

Ia pun berterimakasih banyak kepada warga Kota Surabaya, khususnya warga Menur Pumpungan yang telah mendukungnya selama menempuh pendidikan di Unitomo. Bagi dia, berbagai pelajaran hidup yang telah dijalaninya di Surabaya, akan bermanfaat bagi dia ke depannya.

Ibrahim, salah satu perwakilan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni yang turut hadir dalam acara itu sangat mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya, acara itu sangat luar biasa, apalagi hari ini mahasiswa Papua yang kuliah di Surabaya sudah bisa menyelesaikan kuliahnya di Surabaya ini.

Menurut Ibrahim, mahasiswa Papua yang telah lulus kuliah ini akan menjadi harapan baru bagi Papua, khususnya bagi Kabupaten Teluk Bintuni. Pasalnya, mereka diharapkan bisa membantu mengembangkan Teluk Bintuni sesuai dengan disiplin ilmu mereka masing-masing.

“Ilmu mereka semoga bisa diterapkan di sana (Teluk Bintuni). Apalagi, kami saat ini membutuhkan keperawatan dan ternyata hari ini ada yang lulus dari keperawatan, sehingga tentu ini sangat membantu kami,” kata Ibrahim yang merupakan Kasi Pemerintahan Teluk Bintuni ini.

Lurah Menur Pumpungan Nurul Muzayanah mengatakan, acara ini memang dikemas seperti syukuran karena ada mahasiswa Papua, khususnya dari Teluk Bintuni yang lulus kuliah. Selain syukuran, acara ini memang untuk mengucapkan rasa terimakasih mahasiswa Papua yang telah lulus kepada warga sekitar.

“Di Menur Pumpungan ini memang mahasiswa Papua itu kami dekatkan dengan warga. Mereka pun sering ikut kerja bakti dan berbagai kegiatan warga lainnya, sehingga ketika mereka sudah lulus kuliah, mereka ingin menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada warga," katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5855 seconds (0.1#10.140)