Rutan Medaeng Buka Layanan Antrean Online, Ini Fungsinya

Selasa, 01 Oktober 2019 - 12:01 WIB
Rutan Medaeng Buka Layanan Antrean Online, Ini Fungsinya
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati.
A A A
SURABAYA - Pengunjung rumah tahanan (Rutan) Kelas I dan Perempuan Surabaya di Medaeng Sidoarjo kini bisa menikmati layanan antrean kunjungan berbasis online. Layanan ini merupakan upaya Kanwil Kemenkumham Jatim dalam rangka reformasi birokrasi dan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi.

Layanan tersebut diresmikan langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati, Selasa (1/10/2019). Kakanwil didampingi Kadiv Pemasyarakatan Haris Sukamto, Kadiv Yankumham Hajerati dan Kabag Umum Dewi Listyorini. Kegiatan dipusatkan di ruang tunggu kunjungan Rutan Medaeng.

Dengan inovasi ini masyarakat yang akan berkunjung bisa sekaligus mengikuti sosialisasi penggunaan aplikasi. "Tidak semua Rutan berani berinovasi. Karena kesulitannya adalah konsistensi, tapi saya yakin Rutan Medaeng bisa konsisten," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati.

Susy mengapresiasi inovasi Rutan Medaeng. pihaknya berpesan agar pihak Rutan konsekuen dengan tidak lagi menerima orang-orang yang tidak mendaftar online sebelumnya. Untuk itu, perlu sosialisasi yang gencar. "Seminggu pasti ada keributan kecil. Harus bisa diantisipasi. Harus benar-benar konsekuen," terangnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Medaeng Teguh Pamuji mengungkapkan bahwa, ini merupakan dari proyek perubahan yang diusungnya. Ini merupakan inovasi layanan agar tidak ada lagi penumpukan di ruang tunggu pintu portir utama. Karena pengunjung selama ini berdesak-desakan. Bahkan ada yang menyiasati dengan datang sejak subuh.

"Mengingat 67 persen pekerjaan kami adalah untuk melayani kunjungan dari masyarakat, kondisi ini sebelumnya menggunakan sistem konvensional," ujarnya.

Untuk membiasakan masyarakat, lanjut Teguh, pihaknya telah menyiapkan duta layanan dan duta kunjungan. Mereka akan memberikan informasi dan memberikan layanan secara optimal. "Ini juga bagian usaha pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk menunjang Kanwil Kemenkumham Jatim yang semakin hebat," ujarnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4359 seconds (0.1#10.140)