Wow, Rumah Jokowi di Solo Dibikin Anti-Padam Listrik

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 16:01 WIB
Wow, Rumah Jokowi di Solo Dibikin Anti-Padam Listrik
Petugas PLN yang disiagakan di Posko VVIP guna mengamankan pasokan listrik di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo. FOTO/ist
A A A
SOLO - PLN memberi perlakuan khusus di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Penambahan cadangan sumber listrik di rumah itu dilakukan dengan memasang satu genset dan satu Uninteruptible Power Supply (UPS).

Plt Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jateng dan DIY, Haris mengemukakan, dengan penambahan satu genset dan satu UPS maka totalnya menjadi lima jalur listrik. Ketika periode pertama Presiden Jokowi menjabat, terdapat tiga jalur listrik di area kediaman presiden.

"Dengan tambahan cadangan, ketika terjadi gangguan listrik maka perpindahan jalur tidak mengganggu aliran listrik di kediaman presiden," kata Haris, Jumat (4/10/2019).

Sebelum ditambah cadangan kelistrikan, ketika terjadi gangguan terdapat jeda sekitar setengah detik. Namun sekarang sudah tidak ada jeda sama sekali. "Sekarang kalau jalurnya terganggu pindah otomatis ke jalur cadangan masuk UPS tidak terasa. Sistem otomatis semua. Kalau tiga jalur meski otomatis tapi masih terasa jedanya," paparnya.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solo juga meresmikan Posko VVIP di sekitar kediaman Jokowi yang berlokasi di Jalan Pleret Raya, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo. Fungsinya sebagai posko siaga untuk para petugas PLN UP3 Solo, khusus di kediaman mantan Walikota Solo tersebut.

"Karena di Solo ada kediaman pribadi Presiden, kami memberikan sarana kesiagaan teman-teman PLN untuk posko VVIP," katanya.

Pada hari biasa, posko dijaga tiga petugas PLN setiap shift, di mana sehari terdapat tiga shift. Sedangkan jika presiden kunjungan ke Solo, maka satu shift dijaga 75 personel untuk kesiapsiagaan.

Dengan adanya posko VVIP, diharapkan keluarga presiden bisa menikmati listrik tanpa gangguan. Meski demikian, masyarakat di sekitar kediaman Presiden Jokowi juga akan merasakan adanya layanan dari PLN tersebut. Termasuk ke rumah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka juga terjangkau. "Kurang lebih satu kelurahan bisa merasakan," katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3135 seconds (0.1#10.140)