Kunjungan ke Jepang, Bupati Gresik Tawarkan Investasi

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 18:43 WIB
Kunjungan ke Jepang, Bupati Gresik Tawarkan Investasi
Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto. Foto/Istimewa
A A A
SURABAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mengikuti Indonesia Japan Fiesta 2019 yang berlangsung di Osaka Jepang. Delegasi dipimpin langsung Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto.

Ikut dalam rombongan perwakilan PT Smelting Irjuniawan P Radjamin, Kepala Kantor Syahbandar dan Kepala Pelabuhan (KSOP) Gresik Totok Mukarto, pengusaha UMKM Arif Darmawan, dan pengusaha tambang serta reklamasi Hersan Raharja.

Lantas apa saja kegiatan rombongan Pemkab Gresik di negeri Sakura in? Selain mengikuti pameran, Bupati dan rombongan mengadakan rangkaian pertemuan dengan Konsulat Jenderal RI di Osaka dan Japan Indonesia Business Association (JIBA).

Konsul Jenderal RI di Osaka Mirza Nurhidayat menyambut baik partisipasi Pemkab Gresik dalam pameran kedua yang digelar KJRI ini.

"Kami berharap event ini bisa makin membuka pintu bagi Gresik untuk kerjasama dengan dunia internasional, terutama di bidang budaya, ekonomi, dan industri antar kedua negara," kata dia, Jumat (4/10/2019).

Bupati Gresik Sambari menyampaikan terima kasih terhadap KJRI yang telah mengundang Pemkab Gresik untuk ikut dalam pameran ini. Dia pun memaparkan berbagai keunggulan infrastruktur di Gresik yang memungkinkan untuk menarik minat investor dari Jepang. Juga berharap bisa membuka akses kerja sama di bidang pendidikan di negeri ini.

Sedangkan pertemuan dengan JIBA membicarakan berbagai peluang kerja sama ekspor-impor dan peluang investasi. Dalam pertemuan itu hadir Chairman JIBA Kinoshita, Matsuki (Sekjen) dan Ogawa. JIBA memiliki ikatan kuat dengan Jawa Timur dalam perdagangan dan industri.

Sambari mengatakan, Gresik telah memiliki infrastruktur yang sangat memadai untuk investasi. Mulai dari infrastruktur pelabuhan, air, listrik, jalan tol dan kemudahan perizinan. Disampaikan juga bahwa sudah banyak perusahaan Jepang yang telah berinvestasi di Gresik. Selain PT Smelting, PT Cargill, PT Indospring, dan Mitsubishi Steel telah membangun pabriknya di daerahnya.

"Kami mengundang Kinoshita San dan perusahaan Jepang lainya untuk datang ke Gresik. Kami akan sambut dengan tangan terbuka dengan berbagai kemudahan yang telah kami siapkan," kata Sambari.

Chairman JIBA Kinoshita menyatakan siap membantu mendatangkan perusahaan di Jepang agar berinvestasi di Gresik. "Kami juga siap menjembatani berbagai peluang kerjasama ekspor-impor berbagai komoditas antara Pemkab Gresik dengan Jepang," kata dia.

Perwakilan PT Smelting Irjuniawan P Radjamin mengatakan, PT Smelting yang sejak 1997 membangun pabrik telah merasakan jika Gresik amat cocok untuk berinvestasi. "Kami telah merasakan telah mendapat kemudahan dan jaminan berinvestasi di daerah ini," pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2196 seconds (0.1#10.140)