alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Siap Beroperasi

Inews.id
Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Siap Beroperasi
Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 sepanjang 4.75 km sudah selesai dan siap diresmikan.

SURABAYA - Ruas jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 siap beroperasi. Pengerjaan proyek jalan bebas hambatan sepanjang 4.75 kilometer tersebut telah rampung dan tinggal menunggu peresmian.

“Target kami, bulan ini sudah bisa beroperasi. Sebab, seluruh konstrusi untuk seksi 4 telah rampung 100 persen,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) Agus Purnomo.

Tol Pandaan-Malang seksi 4 juga telah dilakukan uji laik oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hasilnya, akses tersebut telah final dan aman untuk dilalalui.



“Uji laik mencakup guard rail atau pagar pengaman jalan, marka, rambu, penerangan jalan umum (PJU), hingga konstruksi secara keseluruhan. Maka harapan kami, SK (surat keputusan) operasi dan tarif segera keluar,” katanya.

Atas progres ini, PT JPM kini fokus untuk penyelesaian Seksi 5 (Pakis-Malang). Sebagaimana instruksi PT Jasa Marga Persero, PT JPM harus melakukan percepatan untuk ruas sepanjang 3,11 km tersebut. “Sampai akhir September lalu, progresnya sudah 76 persen. Ini terus kami kebut,” katanya.

Komisaris Utama Jasa Marga Persero, Sapto Amal Damandari berharap, ruas tol seksi 5 (Pakis-Malang) dapat beroperasi secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan balik pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Mudah-mudahan, jalan tol ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Jawa Timur. Selama ini, mereka membutuhkan akses cepat dari Surabaya-Malang. Karena itu, beroperasinya ruas ini akan sangat membantu,” katanya.

Diketahui, Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,488 kilometer. Pembangunannya dibagi dalam lima seksi. Tiga seksi sudah diresmikan Presiden pada 13 Mei 2019. Ketiga seksi itu adalah Seksi 1 (Pandaan-Purwodadi) sepanjang 15,475 kilometer, Seksi 2 (Purwodadi-Lawang) 8,05 kilometer, dan Seksi 3 (Lawang-Singosari) 7,10 kilometer.

Sementara itu, Seksi 4 (Pakis 1-Pakis 2) sepanjang 4,75 kilometer dan Seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,11 kilometer masih dalam tahap penyelesaian. Walaupun bukan termasuk bagian Tol Trans Jawa, Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh antara Surabaya dan Malang yang sebelumnya 4-5 jam menjadi 1,5 jam. Selain itu, Jalan Tol Pandaan-Malang dapat menjadi pilihan utama bagi warga Surabaya yang ingin berlibur ke daerah Malang Raya



(msd)

loading...