Masih Ditemukan Kepulan Asap Kebakaran di Lereng Semeru

Minggu, 06 Oktober 2019 - 09:59 WIB
Masih Ditemukan Kepulan Asap Kebakaran di Lereng Semeru
Petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar kawasan hutan dan lahan di lereng Gunung Semeru. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Kebakaran di kawasan hutan dan lahan di lereng Gunung Semeru, masih terjadi hingga Sabtu (5/10/2019) petang. Hal itu bisa dilihat dari muncculnya kepulan asap.

Kepulan asap putih di lereng Gunung Semeru tersebut, menurut Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Lapangan dan Kehumasan, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat ada di blok Bantengan, dan blok Amprong.

"Lokasi ini sempat dipadamkan, karena faktor angin yang sangat kencang ditambah cuaca panas, sehingga tonggak kayu dan seresah yang sudah mati membuat kepulan asap muncul kembali," tuturnya.

Sementara untuk titik-titik api yang sudah berhasil dipadamkan berada dilokasi Gunung Kepolo, Arcopodo, Kelik, Watupecah, Waturejeng, Ayek-ayek, Pusung Gendero, Ranu Kumbolo, Pangonan Cilik, Oro-oro Ombo, Watu Tulis, Po,o, Kemlamdingan Dowo, Pos 1, Sentong, Pasang Kupluk, dan Gunung Lanang, dengan area terdampak seluas 102 hektar

"Tim yang bergerak melakukan penyisiran titik api, pada Sabtu (5/10/2019) berjumlah 10 orang dari petugas TNBTS, Masyarakat Mitra Polhut, dan Masyarakat Peduli Api Ranupani," ungkapnya.

Mereka membawa berbagai enis peralatan untuk pemadaman, di antaranya jetshooter, garu, sabit, parang, flame freeze, sepeda motor, mobil pemadam GALAAG, dan mobil patroli TNBTS.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6988 seconds (0.1#10.140)