Murid SD di Jember Garap Festival Seni Skala Nasional

Senin, 07 Oktober 2019 - 05:27 WIB
Murid SD di Jember Garap Festival Seni Skala Nasional
Murid-murid SDK Maria Fatima 3 dipandu guru sedang mempersiapkan even seni skala nasional.Foto/ist
A A A
JEMBER - Sudah lumrah jika sebuah event besar digarap komunitas orang dewasa. Tapi di Jember, sebuah festival seni budaya berskala nasional bertajuk Pesona Mutiara Nusantara (PNM) dibesut seluruhnya anak-anak SD.

Penyelenggara acara ini terdiri atas para siswa kelas 5 dan kelas 6 SDK Maria Fatima 3 yang terletak di Jalan Mojopahit VI Sempusari Jember. Anak-anak berusia sekitar 10-12 tahun itu mengurusi semua lini persiapan hingga pelaksanaan mulai aspek acara, promosi, perlengkapan, keamanan hingga konsumsi dan kebersihan.

PMN sendiri rencananya digelar seharian penuh pada Sabtu, 7 Desember 2019 mendatang di area SDK Maria Fatima 3 Jalan Mojopahit VI Sempusari, Jember.

Menurut Ketua Penyelengara PMN, Patricia Amori Deo, acara ini menjadi ajang pembuktian bahwa siswa SD pun bisa merancang sebuah kegiatan besar yang melibatkan banyak orang dari berbagai kalangan.

Tidak sekadar mengundang siswa dari SD lain, PMN pun mengajak para siswa dari SMP dan SMA untuk berpartisipasi menampilkan kemampuan seni dan budayanya.

“Ini acara seni dan budaya anak Indonesia dari, oleh dan untuk siswa. Dalam menyiapkannya, memang perlu daya kreativitas tinggi untuk ide dan kerja sama tim yang bagus. Bagi saya, ini juga wadah ujian potensi kepemimpinan,” tutur Amori dalam keterangan tertulisnya.

Siswi kelas 6 SD yang sedang merintis bisnis kedai Bukan Sekadar Air atau “Bu’Kadir” dan juga mengelola coworking space bernama “TimeLine” ini mengungkapkan, pertunjukan oleh siswa dalam PMN bertujuan mendidik siswa agar berani tampil di ruang publik.

Amori juga menekankan, PMN SDK Maria Fatima 3 Jember lebih menitikberatkan aspek kompetensi ketimbang kompetisi. Kompetensi yang dimaksud antara lain dalam pengembangan soft skill seperti public speaking, live performance hingga speech promotion.

“Kami yakin bahwa kepercayaan diri sangat menentukan kesuksesan saat dewasa nanti,” pungkasnya.

Kepala SDK Maria Fatima 3 Jember J Adiyanto mengungkapkan, PMN sama sekali tidak mengandalkan sponsor. Pihak sekolah pun tidak mengeluarkan dana untuk acara ini.

“Semua biaya murni dari para donatur atas pendekatan dari anak-anak yang menjadi penyelenggara acara. Karena itu kami sangat mengapresiasi kerja para siswa ini,” kata Adiyanto.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5447 seconds (0.1#10.140)