Emil: SMK Kelautan Bawa Kebanggaan dan Ikhtiar Luar Biasa

Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:14 WIB
Emil: SMK Kelautan Bawa Kebanggaan dan Ikhtiar Luar Biasa
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, melantik taruna SMK Perikanan dan Kelautan Puger. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Sebanyak 217 Calon Taruna Angkatan XIX SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Kabupaten Jember, secara resmi dilantik Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Pelantikan sebagai taruna tersebut, ditandai dengan penyematan pangkat tanda sekolah tersebut dilaksanakan di SMK Perikanan dan Kelautan Puger. Dalam pesannya, Emil Dardak menyampaikan bahwa keberadaan SMK yang dekat dengan kelautan membawa kebanggaan dan ikhtiar yang luar biasa.

Melihat posisinya yang sangat strategis, keberadaan SMK Puger bisa menjadi mentor dan rujukan sekaligus inspirasi bagi SMK lain di Jatim. "Tak hanya itu, SMK Kelautan dan Perikanan Puger bisa sharing program dengan Dinas Kelautan dan Perikanan baik kabupaten maupun provinsi," katanya.

Terkait selesainya masa pemagangan taruna dari luar negeri, Emil menegaskan, pihaknya bersama sektor industri akan melakukan pemetaan SDM. Pada saat kembali, mereka diharapkan bisa langsung dikoneksikan dengan perusahaan dari Jepang yang ada di Jatim atau di provinsi lain.

"Jadi saat mereka sebelum masa pemagangan berakhir, kita sudah punya data dan mengkomunikasikan dengan perusahaan yang siap menampung anak-anak yang telah memiliki bekal keterampilan sepulang dari pemagangan dari luar negeri," imbuhnya.

Tak hanya itu, taruna juga diharapkan bisa memanfaatkan seluruh potensi maritim Jatim khususnya di wilayah pesisir selatan. Utamanya dalam pemanfaatan atau pengembangan pelabuhan Puger, Jember.

"Kita memiliki harapan kepada taruna-taruni untuk membantu pemerintah dalam memanfaatkan seluruh potensi maritim di Indonesia. Bahkan, lewat SMK Perikanan dan Kelautan ini bisa mencetak siswa yang mengarungi lautan dengan memaksimalkan potensi kekayaan yang ada di Laut," tegasnya.

Sementara Kepala SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Kuncoro Basuki mengatakan, keberadaan SMK Perikanan dan Kelautan Puger setiap tahunnya mengirimkan para taruna-taruni ke luar negeri, khususnya di Jepang untuk mengimplementasikan ilmunya di dunia usaha atau dunia industri (DUDI).

"Target kami, setiap lulusan minimal 70 persen magang di Jepang atau Korea. Kami mohon arahan anak-anak setelah dari Jepang yang telah belajar budaya kerja sekembalinya di Jatim akan diarahkan kemana," harapnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0660 seconds (0.1#10.140)