Peduli Balita Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Gelar Posyandu

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 04:30 WIB
Peduli Balita Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Gelar Posyandu
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, menggelar Posyandu untuk balita di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Foto/Ist.
A A A
MERAUKE - Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang sedang bertugas menjaga perbatasan Indonesia-Papua Nugini, sangat peduli terhadap para balita.

Kepedulian terhadap pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil itu, diwujudkan oleh tim kesehatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, dengan menggelar Posyandu.

Layanan Posyandu para prajurit TNI AD ini, juga didukung oleh Puskesmas Distrik Sota. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga digelar pengobatan gratis bagi masyarakat di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, yang berada di wilayah RT 3 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Komandan Peleton Kesehatan Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Letda Ckm. Iwan Debri menjelaskan, Posyandu yang dilaksanakan di RT 3 Yakyu, merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap bulan bagi ibu dan anak.

Kegiatannya sangat banyak, yakni melalui penimbangan, imunisasi, serta pemberian gizi tambahan, karena hal ini penting dilaksanakan bagi balita agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin.

"Pelaksanaan Posyandu ini merupakan wujud sinergitas Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad dari tim kesehatan Pos Komando Utama, dan Pos Yakyu dengan instansi kesehatan yang ada di perbatasan, yakni Puskesmas Sota, dan Pustu Rawabiru, bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan bagi balita, sementara bagi ibu hamil dilakukan pemeriksaan kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan fisiknya," ucapnya.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT), menurutnya sebagai asupan gizi bagi balita, karena di RT 3 Yakyu, masih banyak balita yang perlu di perhatikan gizinya, terutama karena tempatnya ada di pedalaman, dan untuk menjangkau pusat layanan kesehatan harus di tempuh menggunakan ketinting (perahu tradisional Papua) membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan melewati rawa-rawa.

"Dalam Posyandu ini tercatat ada 15 balita yang diimunisasi, pemeriksaan dua ibu hamil, dan 16 warga yang berobat dengan keluhan seperti batuk, demam, gatal, flu, diare, dan pusing. Sebelum kegiatan selesai kami sampaikan kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sota, Maria S. Gebze mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, atas kerjasamanya dalam melaksanakan Posyandu bulanan di RT 3 Yakyu Kampung Rawabiru. "Dengan tim kesehatan, kegiatan selalu berjalan dengan lancar, ini adalah kali ketiga melaksanakan Posyandu bersama," ucapnya.

"Kami selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Sota, dan Pustu Rawabiru, merasa sangat senang bersama dengan kehadiran para prajurit melaksanakan Posyandu. Meskipun jarak dan medan yang jauh, serta sulit, membuat kami semua semangat karena melihat bapak-bapak TNI yang selalu semangat, semua ini demi menjamin pelayanan kesehatan untuk semua warga di tanah Papua," pungkas Maria.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3853 seconds (0.1#10.140)