Timnas Indonesia Babak Belur, Dihajar UEA 5 Gol Tanpa Balas

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 01:23 WIB
Timnas Indonesia Babak Belur, Dihajar UEA 5 Gol Tanpa Balas
Timnas Indonesia, kalah telak dari Uni Emirat arab (UEA) diajang kuaalifikasi Piala Dunia 2022. Foto/Dok.PSSI
A A A
DUBAI - Melakoni laga ketiga dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia babak belur dihajar tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) lima gol tanpa balas.

Bertandang ke kandang UEA dengan ekspektasi tinggi untuk mencuri poin, ternyata pasukan Garuda yang tergabung dalam Grub G, dibuat tidak berkutik oleh para pemain UEA yang tampil begitu dominan di Stadion Al Maktoum.

Dengan kekalahan ini, peluang tim asuhan Simon McMenemy makin berat untuk mencicipi putaran final Piala Dunia 2022. Secara permainan sebenarnya apa yang ditampilkan Hansamu Yama Pranata Cs tidak terlalu buruk.

Mengandalkan sejumlah pemain baru, termasuk kiper Wawan Hendrawan yang menjalani debutnya bersama tim, mampu menyulitkan pemain UEA. Bermain kolektif dan disiplin dalam bertahan membuat pertahanan Indonesia sulit ditembus.

Peluang yang diperoleh tuan rumah, termasuk di menit 14 saat Hansamu gagal menghalau bola, tak bisa dimaksimalkan Ali Ali Ahmed Mabkhout sehingga bola bisa ditangkap Wawan. Momentum tersebut membuat pemain UEA makin meningkatkan tensi serangan.

Sayangnya gawang Indonesia akhirnya bisa dibobol UEA di meni 41. Dari situasi umpan panjang. Wawan yang coba menangkap bola ternyata gagal melakukannya. Bola yang dilepas langsung disepak Khalil Ibrahim.

Setelah ketinggalan di babak pertama, Indonesia langsung mencoba menekan di babak kedua. Namun itu tak bisa dipertahankan. Sebab, setelah itu pemain UEA keluar menyerang.

Hasilnya di menit 51, gawang Wwawan kembali bobol Ali Ahmed Mabkhout. Gol ini sebenarnya tak perlu terjadi jika saja Zulfiandi tak membuat kesalahan yang bisa direbut pemain lawan. Tanpa ampun, Mabkhout yang terkawal dengan mudah menceploskan ke gawang Indonesia.

Di tengah upaya Indonesia mengejar ketinggalan, justru malapetaka datang di menit 61. Serangan UEA berhasil melahirkan tendangan penalti setelah Hansamu dinyatakan handball. Dengan dingin Mabkhout menjalankan tugasnya dan makin menjauhkan skor.

UEA berhasil membuat Indonesia makin jauh tertinggal di menit 71. Mabkhout berhasil mencetak hattrick untuk membawa tuan rumah unggul 4-0. Ahmad Khalil Aljunaibi menutup pesta gol UEA ke gawang Indonesia di detik akhir pertandingan.

Dengan kegagalan ini, Indonesia berada di dasar klasemen. Dari tiga pertandingan belum sekalipun Tim Merah Putih menambang angka. Sementara itu, dengan nilai UEA menggeser Thailand dari puncak klasemen.

Setelah ini Indonesia akan melakoni laga keempat menghadapi Vietnam. Pertandingan yang akan berlangsung 15 Oktober mendatang harus dimanfaatkan Indonesia mengingat akan menjadi tuan rumah. Duel itu sendiri akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Susunan Pemain
UEA
Mohamed Saleh Almenhali, Walid Abbas Murad (C), Mohamad Omar Alattas, Ali Hassan Alblooshi, Ali Ahmed Mabkhout, Khalifa Mubarak Alhammadi, Ahmed Barman Alhmoudi, Khalid Eisa Bilal, Jassim Yaqoob Albalooshi, Ali Saleh Amro

Indonesia
Wawan Hendrawan, Zulfiandi, Yanto Basna, Dendi Santoso, Alberto Goncalves, Gavin Kwan, Ricky Fajrin, Hanif Sjahbandi, Irfan Bachdim, Andik Vermansah, Hansamu Yama Pranata (C)

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7923 seconds (0.1#10.140)