Jaga Batas, Prajurit Yonif Raider 509 Patroli di Patok M.M 5.0

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 07:15 WIB
Jaga Batas, Prajurit Yonif Raider 509 Patroli di Patok M.M 5.0
Prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, menjaga tapal batas Indonesia-Papua Nugini di patok M.M 5.0 yang ada di Kabupaten Keerom, Papua. Foto/Ist.
A A A
KEEROM - Prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, melakukan patroli patok batas kedua negara.

Patroli pengamanan patok batas negara ini, salah satunya dilakukan di wilayah patok M.M 5.0. Kegiatan patroli tersebut dipimpin Komandan Pos Tatakra, Letda Inf. Heriansyah Purba, beserta 10 orang anggota.

Sebelum melaksanakan patroli, para anggota melaksanakan briefing yang dipimpin langsung oleh Danpos Tatakra, untuk menentukan rute perjalanan dan mengetahui situasi medan sesungguhnya.

Para prajurit menempuh jarak kurang lebih 20 Km dari Pos Tatakra, menuju Patok M.M.5.0 melalui medan yang berat melewati jalan setapak, rawa, sungai, gunung, dan hutan tropis.

Setelah menempuh perjalanan selama lima hari, akhirnya para prajurit berhasil menemukan patok M.M.5.0 dalam kondisi baik dan tidak bergeser sesuai dengan koordinatnya.

Usai melaksanakan patroli patok perbatasan, prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad melaksanakan bhakti Sosial berupa pengobatan kepada masyarakat di Kampung Toali.

Perwira Topografi, Kapten Ctp Rudito mengatakan, patroli tersebut wajib dilaksanakan untuk mendata letak (koordinat) patok tersebut, dan meyakinkan patok tersebut tidak bergeser.

"Usai menemukan patok, nantinya para prajurit akan memasukan data koordinat patok tersebut ke GPS, dan akan dilaporkan ke komando atas," tutur Rudito.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2453 seconds (0.1#10.140)