alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kawasan Wisata Tretes-Prige Pasuruan Terbakar

Jaka Samudra
Kawasan Wisata Tretes-Prige Pasuruan Terbakar
kebakaran hutan terjadi di kawasan destinasi wisata panorama indah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Foto/Inews/Jaka Samudra

PASURUAN - Kebakaran hutan terjadi di kawasan yang memiliki destinasi wisata panorama indah di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

“Sejauh ini, belum jelas kepastiannya penyebab kebakaran-kebakaran ini. Namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan maka jalur pendakian ke Gunung Ringgi, Welirang dan Gunung Arjuno ditutup total,” kata petugas Tahura, Dedi Hardiana, di Pasuruan.

Kondisi asap mengepul tinggi di wilayah Lereng Gunung Ringgit. Tepatnya di Blok Gumandar di lingkungan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jumat (11/10/2019) sore, juga ikut terbakar.



“Kencangnya angin, membuat di Jago Merah terus berkorbar meluluhlantakan lahan gambung di atas ketinggian 2300 MDPL. Tak Terhidung, pohon seperti kayu pinus dan daar ikut dilalat api,” kata dia.

Meseki demikan, warga dan wisatawan tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa saya.

Menurut petugas, kebakaran diketahui lantaran satu oetugas Tahura melihat kepula asap. Kejadiannya dilaporkan ke KRPH selaku Otoritas Pamangku wilayah hutan. Sehingga dilakukan pemadaman secara manual.

Namun, karena sulitnya medan dan keterbatasan alat, petugas gabungan dari TNI-Plri-Perhutani dan Tahua serta relawan belum bisa menjinakan kobaran api.

Diketahui, di wilayah Tretes, Kecamatan setempat. Salah satunya tempat wisata, sepeti Kakek Bodoh. Air terjun Putus Truno menjadi daya tarik wisata lokal dan asing. Sebab pemandangannya indah hawanya sejuk.

Bahkan, Jalur Pos Pendakian menuju Gunung Ringgi, Welirang dan Arjuno namun Jalur ditutup total. Bahkan jalur pos pendakian menuju Gunung Ringgi ditutup total.



(nth)

loading...