alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kobaran Api Melalap Kawasan Hutan Lereng Gunung Arjuno

Yuswantoro
Kobaran Api Melalap Kawasan Hutan Lereng Gunung Arjuno
Kobaran api membakar kawasan hutan di lereng Gunung Arjuna, yang masuk di wilayah Kabupaten Malang, Jumat (11/10/2019) malam. Foto/SINDOnews/Yuswantoro

MALANG - Kebakaran hebat melanda kawasan hutan di lereng Gunung Arjuno, sejak Jumat (11/10/2019) sore. Kobaran api, nampak menjalar di beberapa titik lereng gunung.

Bahkan, pada malam hari kobaran api yang membakar lereng Gunung Arjuno, terlihat jelas hingga di pusat Kota Malang, yang berjarak sekitar 30 km dari titik kebakaran.

Kobaran Api Melalap Kawasan Hutan Lereng Gunung Arjuno



Api nampak menjalar di sepanjang lereng Gunung Arjuno, yang berada di wilayah Kabupaten Malang. Tiupan aangin yang cukup kencang, membuat api semakin berkobar.

Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, petugas Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, dan masyarakat, telah dikerahkan menuju lokasi kebaran untuk melakukan upaya pemadaman.

Kobaran Api Melalap Kawasan Hutan Lereng Gunung Arjuno

Namun, upaya pemadaman api yang dilakukan tim gabungan tersebut mengalami hambatan berat, yakni kondisi medan yang curam, serta kobaran api yang cepat membesar akibat tiupan angin dan banyaknya semak belukar kering yang mudah terbakar.

Berdasarkan data Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Jatim, kebakaran hutan di Gunung Arjuno, yang masuk wilayah Kabupaten Malang, terpantau berada di dua titik.

Dua titik itu adalah Area Gunung Mujur Blok Curah Banteng yang masuk wilayah Perhutani RPH Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang; dan di Blok Pusuk Lembu, wilayah Tahura R. Soerjo, yang juga masuk wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.



(eyt)

loading...