alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Cerita Kosmonot Rusia Bermain Bulu Tangkis di Luar Angkasa

Andryanto Wisnuwidodo
Ini Cerita Kosmonot Rusia Bermain Bulu Tangkis di Luar Angkasa
Cerita kosmonot Rusia bermain bulu tangkis di stasiun luar angkasa. Foto/BWF/Istimewa

JAKARTA - Kosmonot Rusia Alexander Misurkin dan empat rekan lainnya yakni: Anton Shkaplerov, Joseph Acaba, Mark Vande Hei dan Norishige Kanai membuat sejarah pada awal Februari 2018 dengan bermain bulu tangkis di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Hal itu diceritakan Misurkin, yang juga pemain bulu tangkis, berbicara dengan Badminton World Federation (BWF) berikut wawancaranya.

Bagaimana rasanya bermain bulu tangkis di stasiun ruang angkasa?
Anda mengerti itu tidak kompetitif. Kami tidak memiliki jaring. Kami memilih modul terbesar. Kami menyingkirkan semua hal yang menghalangi - menutup semua komputer. Aturannya sangat sederhana. Kami bermain ganda.



Saya bermain dua kali. Saat ini, stasiun ruang angkasa tidak cocok untuk melakukan olahraga apa pun, selain dari treadmill, bersepeda atau olahraga lainnya. Tetapi yang membahagiakan bagi saya adalah teman saya itu setelah bermain, mengatakan bahwa kami harus mendapatkan modul khusus di masa depan untuk bermain bulu tangkis karena itu adalah hal yang luar biasa untuk berolahraga. Dia berbicara tentang kapal ruang angkasa yang akan terbang jauh dari bumi.

Bagaimana pesawat ulang-alik di ruang angkasa dibandingkan dengan di darat?
Kecepatannya sama dengan di tanah. Kami bermain dengan shuttlecock bulu dan plastik. Tidak ada yang istimewa atau tidak biasa dalam penerbangan, hanya saja dia tidak memiliki lintasan melengkung, tetapi berjalan lurus sampai Anda menekannya lagi.

Apa yang akan terjadi jika Anda menabrak shuttlecock ke luar angkasa, di luar stasiun luar angkasa?
(Tertawa) Pertanyaan bagus. Dalam hal ini, shuttlecock menjadi satelit baru di bumi.

Apakah Yuri Gagarin, yang ternyata pemain bulu tangkis juga, memiliki pengaruh pada kecintaan Anda pada bulu tangkis?
Sayangnya, saya tidak bisa bertemu dengannya, dia meninggal jauh sebelum saya lahir. Saya pertama kali bermain bulu tangkis pada 2007 sebagai kandidat kosmonot dan saya kecanduan. Sejak saat itu aku jatuh cinta pada bulu tangkis. Setelah itu saya senang mengetahui bahwa Yuri Gagarin dan semua kosmonot Soviet (sekarang Rusia) bermain bulu tangkis sejak awal era ruang angkasa.

Anda membandingkan bermain bulu tangkis di ruang angkasa dengan menancapkan bendera di Mars.
Ini adalah prestasi luar biasa untuk suasana psikologis dalam grup. Jika kita merancang modul khusus, itu akan memberi kita pelatihan fisik yang baik juga. Hal terbesar yang bisa kita dapatkan adalah alat yang hebat untuk menyimpan suasana psikologis yang hebat.

Apa manfaat lain dari bulu tangkis untuk kosmonot?
Saya memegang rekor untuk perjalanan ruang angkasa terpanjang untuk Rusia. Saya pikir bulu tangkis adalah olahraga untuk kosmonot khusus yang melakukan perjalanan ruang angkasa. Karena dalam bulu tangkis Anda menggunakan banyak pergelangan tangan dan tidak bisa berjalan menggunakan kaki di sana, Anda bergerak terutama dengan pergelangan tangan.

Apakah Anda mengikuti pertandingan bulu tangkis internasional?
Saya ingin mengikuti bulu tangkis internasional lebih dari yang saya lakukan sekarang. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan kegiatan untuk federasi saya. Saya tidak punya waktu luang sama sekali. Salah satu pertandingan favorit saya yang saya tunjukkan kepada anak-anak saya adalah pertandingan Kejuaraan Dunia 2013 antara Jan O Jorgensen dan Nguyen Tien Minh - itu adalah pertandingan epik. Saya menggunakannya sebagai contoh bagi anak-anak untuk menunjukkan kekuatan psikologis.

Apa arti bulu tangkis bagi Anda?
Saya tertarik pada bulu tangkis sebagai manusia normal. Dari sudut pandang saya, bulu tangkis adalah gaya hidup; itu sederhana dan murah, membantu membuat hidup lebih lama dan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Bagi saya, saya tertarik pada kemungkinan menjadikan bulu tangkis populer di dunia dan Rusia pada khususnya.



(nth)

loading...