Laksamana Muda Heru Kusmanto Resmi Jabat Panglima Koarmada II

Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:01 WIB
Laksamana Muda Heru Kusmanto Resmi Jabat Panglima Koarmada II
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) tiga jabatan strategis. FOTO/Dok Dispenal
A A A
JAKARTA - Jabatan Panglima Koarmada II diserahterimakan dari Laksamana Mintoro Yulianto kepada pejabat baru Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto yang sebelumnya menjadi Panglima Komando Lintas Laut Militer.

Serah terima jabatan dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Selasa (15/10/2019). KSAL juga melantik Panglima Koarmada I dan Panglima Kolinlamil.

Laksda TNI Mintoro Yulianto selanjutnya dipromosikan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) menggantikan Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito yang memasuki masa purna tugas.

Sementara itu, Panglima Koarmada I yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Yudo Margono, diserahterimakan kepada Laksamana Muda TNI Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli KSAL sejak Januari 2019.

Sedangkan Laksda TNI Yudo Margono selanjutnya akan menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Sementara pada jabatan Panglima Kolinlamil yang sebelumnya dijabat oleh Laksda TNI Heru Kusmanto, akan dijabat oleh Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Koarmada II Surabaya.

Dalam sambutannya, KSAL menyatakan, penyerahan tongkat estafet kepemimpinan ini merupakan realisasi dari regenerasi di lingkungan TNI AL.

Menurutnya, hal ini memiliki nilai dan arti strategis dalam proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan profesionalisme, baik secara organisasi maupun personel.

“Dengan demikian, rotasi jabatan pada tingkat eselon pimpinan Komando Utama ini diharapkan akan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif, bagi peningkatan kinerja organisasi”, ungkap, Selasa (15/10/2019).

Siwi mengungkapkan tentang peranan penting Koarmada dan Kolinlamil dalam mendukung kepentingan nasional dan pencapaian pembangunan kekuatan laut.

Menurut Siwi, Koarmada bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen SSAT, kemampuan peperangan laut, serta kesiapan operasional guna melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

”Sedangkan Kolinlamil memiliki tugas untuk membina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer (Anglamil) termasuk membina potensi Angkutan Laut Nasional (Anglanas) untuk kepentingan pertahanan negara di laut, serta melaksanakan angkutan administratif, taktis dan strategis, baik dalam operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang”, tandasnya.

Dalam sertijab Komando Utama TNI AL yang berlangsung di Lapangan Apel Detasemen Markas (Denma) Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur ini diikuti 8 Kompi gabungan prajurit TNI AL yang terdiri dari Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, Kompi Polisi Militer Angkatan Laut, Kompi Kowal, Kopaska TNI AL, Prajurit Marinir, Penerbang AL, serta kompi Pegawai Negeri Sipil TNI AL.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0769 seconds (0.1#10.140)