Ceruk Industri Tekstil di Jawa Timur Masih Menjanjikan

Selasa, 15 Oktober 2019 - 19:01 WIB
Ceruk Industri Tekstil di Jawa Timur Masih Menjanjikan
Pelantikan Pengurus IKATSI DPW Jatim menandai peluang industri tekstil di Jawa Timur yang bisa terus berkembang.Foto/SINDONews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Industri tekstil Jawa Timur bisa menjadi tulang punggung ekonomi ketika digarap dengan konsisten. Kemudahan infrastruktur dan sumber daya manusia yang unggul menjadi modal untuk memenangkan pasar.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menuturkan, posisi Jawa Timur dalam industri tekstil nasional masih mumpuni. Salah satu daerah yang bisa terus dikembangkan untuk tekstil ada di Lamongan dan Kertosono.

“Sekarang jarak tempuh antar daerah sudah berkurang. Dulu dari Surabaya mau ke Kertosono sebelum ada jalan tol tentu jarak tempuhnya lama, sekarang lebih cepat,” kata Emil di sela-sela Pelantikan Pengurus IKATSI DPW Jatim, Selasa (15/10/2019).

Ia melanjutkan, tantangan yang dihadapi saat ini memang tenaga kerja. Sebab, sulit mencari tenaga kerja di luar ring I yang memiliki Upah Minimum Kota (UMK) rendah. Namun semua itu bisa dihadapi ketika banyak tenaga terampil yang selalu ada di tiap tahunnya.

“Makanya kami kembangkan Balai Latihan Kerja (BLK), selain teknikal, juga karakternya kita perkuat,” ucapnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, setidaknya butuh 480 jam di BLK untuk mendapatkan tempaan. Dari hasil itu diperoleh kegigihan serta etos kerja. Semua akan teruji secara karakter yang bisa mendukung sektor industri.

“Kami jutga kembangkan di pesisir timur untuk sektor usaha lainnya. Kalau itu berkembang nanti industri turunan mudah unhtuk didapat. termasuk untuk bahan baku tekstil yang nantinya bisa memangkas semua biaya,” jelasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0509 seconds (0.1#10.140)