Pasar Saham AS Melonjak, Balasan China Tidak Mengkhawatirkan

Rabu, 19 September 2018 - 07:43 WIB
Pasar Saham AS Melonjak, Balasan China Tidak Mengkhawatirkan
Pasar saham Amerika Serikat alias Wall Street ditutup menguat. Foto/Ist.
A A A
NEW YORK - Pasar saham Amerika Serikat (AS) ditutup melonjak pada Selasa waktu setempat, saat China mengumumkan aksi balasan menaikkan tarif produk Amerika sebesar 10%.

Negeri Tirai Bambu akan menaikkan tarif yang berlaku mulai 24 September mendatang, dengan menargetkan lebih 5.000 produk AS senilai USD60 miliar.

Presiden AS Donald Trump langsung membalas di media sosialnya, bahwa akan ada "pembalasan ekonomi segera terhadap China" bila produk pertanian, peternakan dan industri negaranya menjadi target.

Trump menyebut China telah mengambil keuntungan dari AS dalam perdagangan selama bertahun-tahun. Dan China tahu hanya Trump yang bisa menghentikan (langkah China).

"China secara terbuka menyatakan akan mencoba mempengaruhi Amerika dengan menyerang petani, peternak dan pekerja industri AS karena kesetiaan mereka kepada saya. Tetapi China tidak paham bahwa orang-orang ini adalah patriot yang hebat dan sepenuhnya paham akan itu…(proteksionisme)".

Balasan tarif dari China dinilai tidak seburuk yang dikhawatirkan. Pasalnya, kinerja industri dan teknologi Amerika sedang kuat sehingga mendorong saham-saham mereka dan berhasil mengangkat Wall Street.

Mengutip dari CNBC, Rabu (19/8/2018), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melonjak 188,84 poin menjadi 26.246,96 berkat keunggulan saham Nike dan Boeing. Ini merupakan kemenangan beruntun lima hari bagi Dow Jones.

Indeks S&P 500 bertambah 0,5% menjadi 2.904.31, dipimpin oleh ciamiknya saham konsumen dan industri. Nasdaq naik 0,8% menjadi 7.956,11 karena saham Netflix, Amazon, Apple dan Alphabet (induk Google) ditutup lebih tinggi.

"Pasar berpikir ini (balasan China) bukan skenario buruk karena kinerja industri dan teknologi yang kuat. Itu sebabnya pasar saham menguat hari ini," kata Daniel Deming, managing director di KKM Financial.

Selain itu, Deming menambahkan Wall Street menguat merespons keuntungan di pasar Asia yang mengangkat sentiment investor. "Kami melihat pasar Asia memiliki kemampuan untuk reli. Dan sebagian besar pasar saham di seluruh dunia mendapatkan isyarat dari mereka," sambungnya. Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup naik 1,4% pada perdagangan Selasa petang kemarin.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan perang tarif terbaru dari negaranya bertujuan untuk mengubah perilaku perdagangan China, dimana perusahaan-perusahaan AS kerap mendapat perlakuan "tidak adil" ketika beroperasi di China.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5201 seconds (0.1#10.140)