Nikmarti Wisata Belanja dan Gaya Hidup Nasional di WICSF

Rabu, 19 September 2018 - 08:13 WIB
Nikmarti Wisata Belanja dan Gaya Hidup Nasional di WICSF
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) yang berlangsung mulai 27 September ini, bisa menjadi festival wisata belanja nasional. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Masyarakat dapat menikmati aneka kuliner khas daerah, sekaligus berbelanja keperluan gaya hidup di Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF).

Acara yang digagas Kementerian Pariwisata, dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) untuk ke-3 kalinya ini, akan digelar selama satu bulan. Mulai 27 September-27 Oktober 2018. Acara akan dibuka secara resmi di Beachwalk Shopping Center, Bali pada 27 September 2018.

"Acara tahunan WICSF 2018, merupakan ajang menarik yang dipetakan secara strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang meberikan kontribusi kepada sektor pariwisata. Yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara, dari negara tertangga terdekat," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, saat jumpa pers di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

"Banyak wisatawan mancanegara atau domestik yang menyusun agenda perjalanan, fokus kepada wisata kuliner dan wisata belanja. Oleh karena itu, kehadiran acara WICSF sangat tepat dalam menjawab kebutuhan tersebut. Ke depannya, khusus belanja perlu dimasukan program sinergi online dan offline, sehingga dapat meningkatkan nilai transaksi secara signifikan," tambahnya.

Sementara, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia, dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau Messakh mengatakan, kunci utama dalam mempromosikan wisata kuliner dan belanja, adalah melalui festival.

Di dalam festival, terdapat atraksi yang menyuguhkan nilai otentisitas kuliner Indonesia, dan produk-produk Indonesia yang terkurasi.

WISCF bukan saja menjadi destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, juga mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal. Dengan demikian, akan mendorong para pelaku UMKM untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk berkualitas, mulai dari kain pakaian batik, tenun hingga produk kerajinan seperti fashion Indonesia.

"Festival ini akan memberikan pengalaman berwisata terutama bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Acara tahun ini merupakan bentuk nyata sinergi para pemangku kepentingan industri kuliner dan belanja yang tergabung dalam pentahelix ABCGM (Asosiasi, Bisnis, Community, Goverment dan Media) dalam mendorong promosi kekayaan budaya Indonesia," jelas Vita Datau.

Sementara, Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival akan diikuti 150 mal dan akan digelar di 12 provinsi di Indonesia yaitu, Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur.

"Indonesia kaya akan ajang promosi dan festival belanja gaya hidup nasional yang diharapkan dapat mendorong angka transaksi, kunjungan, serta popularitas Indonesia sebagai destinasi pariwisata domestik dan mancanegara. WICSF 2018 juga menyajikan kuliner pilihan khas Indonesia sehingga wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara dan pengunjung pusat belanja dapat merasakan nikmatnya cita rasa Indonesia yang unik dan beragam," terang Stenafus Ridwan selaku Ketua Umum DPP APPBI.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6659 seconds (0.1#10.140)