DPRD Gresik: Penularan Penyakit HIV-AIDS Memprihatinkan

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 21:15 WIB
DPRD Gresik: Penularan Penyakit HIV-AIDS Memprihatinkan
ilustrasi
A A A
GRESIK - Penularan penyakit mematikan HIV/AIDS di Kabupaten Gresik kian memprihatinkan. Data Dinas Kesehatan penyakit yang penularannya melalui virus itu bertambah dari bulan ke bulan.

Tercatat, mulai Januari hingga Oktober 2019 ini sudah ada 79 orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Bahkan, dari Agustus sampai September 2019 ada 12 ODHA baru.

Data itu diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Gresik, Muhammad, Jumat (18/10/2019). Menurutnya, perkembangan penyakit HIV/AIDS di Gresik cukup menprihatinkan.

“Gresik itu kan kota industri. Alur penularannya, banyak dari pendatang. Termasuk diantaranya melalui jalur laut Pelabuhan Gresik dan pelabuhan-pelabuhan lainnya,” ungkap Muhammad.

Atas dasar itulah, kata mantan Dirut PDAM Gresik itu, harus dilakukan pencegahan secara dini. Sebagai legislator, Komisi IV bakal meaktifkan lagi klausul pembuatan perda pencegahan HIV/AIDS yang sempat macet.

“Kami sudah komunikasi dengam Kementerian Kesehatan. Hasilnya, cukup mencengangkan, bila tidak dicegah, ddipridiksi 2020 ada 1.288 ODHA,” ungkap dia.

Dengan adanya perda, lanjut politisi PKB itu, maka pencegahan dapat dilakukan secara bersama-sama. Sehingga, pencegahan penularan penyakit mematikan ini menjadi tanggung jawab bersama-sama.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5017 seconds (0.1#10.140)